Wednesday, November 13, 2013

Pilih Vitamin Sesuai Jenis Kerusakan Rambut

Tak hanya wajah, rambut pun harus dirawat agar berkilau. Apalagi jika rambut terpapar sinar matahari secara langsung setiap hari, belum lagi terkena kotoran, debu dan lain-lain, serta penggunaan alat-alat panas. Alhasil, rambut pun bisa mengalami kerusakan. Untuk merawatnya tak cukup sekadar sampo dan kondisioner, tetapi dibutuhkan vitamin rambut agar rambut lebih sehat. Namun, pemakaian vitamin harus disesuaikan dengan kondisi rambut. Seperti apa?

Sering terpapar sinar matahari secara langsung, terkena debu dan kotoran, hingga terkena alat-alat panas seperti catok, hairdyer, curling iron dan lain-lain, bisa membuat rambut rusak. Karena itu, rambut harus tetap dirawat mulai dari keramas menggunakan sampo dan   kondisioner sesuai jenis rambut, hingga penggunaan vitamin rambut. Semua jenis rambut membutuhkan vitamin atau nutrisi agar rambut menjadi lebih sehat, lentur, mudah diatur, serta memiliki kelembaban yang stabil pada helaian rambut sehingga rambut berkilau.

Jika kekurangan vitamin, maka rambut akan rapuh karena akar rambut melemah, keseimbangan dan kelembaban rambut menjadi tidak stabil sehingga rambut tidak akan terlihat indah secara alami. Malah sebaliknya rambut menjadi mudah rontok, kering, kusut, bahkan berketombe. Karena itu, untuk mengembalikan kondisi rambut yang kekurangan vitamin diperlukan pengolesan vitamin rambut secara berkala agar rambut kembali indah.

Vitamin Rambut. Michael Helmy, hairstylist ternama Indonesia mengatakan, ada berbagai jenis dan bentuk vitamin rambut seperti serum, liquid, mouse, lotion dan tonic yang merupakan vitamin rambut tanpa dibilas. Fungsi dari vitamin rambut tersebut adalah untuk mengembalikan vitalitas kesehatan rambut. Penggunaan vitamin rambut harus disesuaikan dengan masalah pada rambut dan kebutuhan rambut, misalnya vitamin rambut untuk rambut yang dikeriting dan diwarnai itu berbeda.

Untuk rambut yang dikeriting atau diluruskan, dibutuhkan vitamin rambut agar rambut tetap lentur alami, bervolume dan berkilau, serta mencegah rambut kering akibat proses pengeritingan dan pelurusan. Sementara vitamin rambut untuk rambut yang diwarnai digunakan untuk mempertahankan warna rambut agar tidak mudah kusam atau pudar, serta mencegah rambut agar tidak menjadi kering. Vitamin rambut untuk mengatasi masalah scalp atau kulit kepala seperti sensitif, gatal, berketombe dan rambut rontok itu berbeda.

Ditambahkan oleh dr. Kristin Indrati, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, ada beberapa jenis vitamin yang bermanfaat untuk rambut, antara lain:

  1. Vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kepala agar rambut tetap lembut sehingga rambut tidak mudah rontok sekaligus dapat menguatkan akar rambut.
  2. Vitamin B Kompleks. Vitamin B kompleks berfungsi untuk mempertahankan sirkulasi darah agar rambut lebih kuat, tidak mudah patah dan warna rambut tidak kusam. Salah satu golongan vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan adalah biotin yang bisanya banyak terdapat pada kandungan sampo. Fungsi biotin adalah dapat meningkatkan elatisitas rambut, mencegah rambut kering, memproduksi keratin yang merupakan elemen penting untuk rambut.
  3. Vitamin E. Vitamin E berfungsi untuk memperbaiki jaringan kesehatan rambut dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.
  4. Vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk menambah kekuatan rambut dan kelenturan rambut supaya rambut tidak mudah rusak dan bercabang karena vitamin ini membantu memproduksi kolagen.
  5. Iodium. Dalam iodium terdapat kadar thyroxin yang cukup, yang berfungsi untuk membuat rambut lebih lebat, hitam dan berkilau.
  6. Zat Besi. Zat besi merupakan mineral sangat penting untuk rambut yang dibutuhkan olen sel darah merah. Fungsinya adalah untuk mengangkut oksigen dan zat makanan ke seluruh jaringan tubuh termasuk rambut kulit kepala.
  7. Tembaga. Tembaga berfungsi membantu pembentukan pigmen rambut agar rambut dapat berwarna secara alami.
  8. Zinc. Zinc fungsinya memproses pembentukan protein di dalam rambut. Ketika seseorang kekurangan zinc maka akan menyebabkan rambut mudah rontok. Pemilihan Vitamin. Penggunaan vitamin harus disesuaikan dengan masalah rambut agar hasilnya rambut lebih terjaga keindahan, serta fungsi dari vitamin tersebut akan maksimal. Berikut Cara memilih vitamin rambut yang sesuai jenis masalah rambut:
  • Kulit Kepala Kering. Sebaiknya gunakan vitamin rambut yang mengandung vitamin E dan B3, serta kandungan antioksidannya penting untuk kesehatan dan sirkulasi darah pada kulit Kepala.
  • Rambut Tipis. Gunakan vitamin B kompleks (B6), C dan E. Vitamin tersebut mengandung magnesium, zinc, betakaroten dan zat-zat yang membantu pertumbuhan rambut. Sementara Vitamin E dapat meningkatkan penyerapan oksigen dan sirkulasi darah di dalam kulit kepala.
  • Rambut Rontok. Gunakan vitamin yang mengandung biotin. Cara kerja biotin adalah merangsang metabolisme karbohidrat, lemak, protein, serta berbagai komponen enzim pendukung pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.
  • Rambut Kasar dan Bercabang. Gunakan vitamin C yang kaya antioksidan yang ikut berperan dalam produksi kolagen tubuh. Kolagen membantu metabolisme dan metabolisme yang baik berpengaruh pada kesehatan rambut. Vitamin C juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.
  • Rambut Beruban. Gunakanlah vitamin A dan B12. Vitamin A merupakan sumber antioksidan yang ampuh memperbaiki tekstur serta warna rambut sehingga dapat melindungi rambut dari bahaya radikal bebas dan kekeringan rambut. Sedangkan vitamin B12 dapat meningkatkan asupan oksigen ke folikel rambut sehingga rambut tidak cepat beruban.

Pemakaian. Cara penggunaan vitamin rambut juga berbeda untuk setiap permasalahan rambut. Ketika terjadi permasalahan di scalp atau kulit kepala maka gunakan vitamin di sekitar kulit kepala saja. Jika masalahnya terletak pada kondisi rambut yang kering dengan ujung rambut yang bercabang, maka vitamin rambut digunakan pada helai rambut secara merata dan difokuskan pada bagian rambut yang bermasalah. Untuk rambut yang ujungnya pecah, sebelum menggunakan vitamin rambut sebaiknya dilakukan perawatan intensif. Yaitu rambut di-trimming (digunting ujungnya) dan dirapikan terlebih dulu, sesudah itu rambut dirawat secara teratur.


Agar vitamin yang digunakan menyerap dan berfungsi maksimal pada rambut, maka vitamin rambut digunakan pada kondisi rambut yang bersih Setelah keramas menggunakan sampo yang sesuai jenis rambut. Sesudah itu, ketika mengoleskan vitamin rambut maka sebaiknya sembari melakukan massage ringan pada setiap helai rambut. Untuk rambut yang ujungnya pecah, vitamin rambut dapat digunakan setiap hari atau sebelum menggunakan alat pengering rambut (hairdryer). Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment