Tuesday, August 20, 2013

Stress.... Nggak Masalah

Stress.... Nggak Masalah
VITAMIN B KOMPLEKS. Rasa cemas dan depresi bisa muncul saat stres. Hal itu diperburuk bila tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Karena itu, mengurangi dampak stres tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Seperti biji-bijian, nasi merah, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, makanan laut, daging, telur, dan buah-buahan.


VITAMIN C. Stres bisa dilawan dengan mengasup vitamin C secara teratur. Itu karena nutrisi ini mampu menurunkan hormon stres, dan meningkatkan kekebalan tubuh yang turun akibat stres. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari sayuran dan buah-buahan. Seperti jeruk, stroberi, blueberry, raspberry, melon, kiwi, brokoli, kubis, kentang, cabai, atau tomat 

MAGNESIUM. Stres, salah satunya   ditandai dengan ketegangan   otot. Kondisi itu semakin parah bila tubuh kekurangan magnesium. Karena itu, penting mengasup magnesium untuk merelaksasi otot. Magnesium bisa Anda dapat dari gandum, kacang-kacangan, biji wijen, sayuran hijau, dan buah ara kering. POTASIUM. Ketegangan saraf yang terjadi saat stres, bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung potasium. Nutrisi ini bisa ditemukan dalam susu, pisang, buah plum kering, dan kismis.

SENG Stres bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung seng agar kekebalan tubuh kembali meningkat. Seng terdapat pada gandum, kuning telur, susu, kerang, daging merah, kacang-kacangan, atau biji bunga matahari. KALSIUM Sistem saraf dan otot yang terganggu saat stres, bisa diatasi dengan kalsium. Nutrisi ini mampu menjaga sistem saraf dan otot, agar bisa bekerja dengan baik. Anda bisa mendapatkan kalsium dengan mengonsumsi susu, yoghurt, keju, ikan, sayuran hijau atau kacang-kacangan.

KROMIUM Stres dapat menghambat sirkulasi darah dan meningkatkan kolesterol. Mengonsumsi makanan yang mengandung kromium berguna untuk menstabilkan kolesterol, dan melancarkan sirkulasi darah. Anda bisa mendapatkan kromium dengan mengonsumsi jamur dan kacang-kacangan.

BESI. Saat stres, tubuh merasa lelah. Karena itu, atasi rasa lelah dengan memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Nutrisi ini mampu memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah, serta membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal itu membuat rasa lelah hilang, juga menstabilkan pernafasan. Zat besi bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kedelai, buncis, kerang-kerangan, buah peach, sayuran berwarna hijau tua, dan daging. 

TEMBAGA. Tembaga mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang turun akibat stres. Sumber nutrisi ini bisa ditemukan pada daging, tiram, kacang-kacangan, dan gandum.

SELENIUM. Kekebalan tubuh yang menurun akibat stres bisa ditingkatkan dengan selenium. Nutrisi ini ada dalam kacang-kacangan, ayam, susu, ikan, udang, kepiting, atau sarden. 


Sumber : Majalah Selera

0 komentar:

Post a Comment