Monday, August 19, 2013

Evoo Bukan Sekedar Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sangat berkhasiat. Tapi khasiat yang lebih bisa didapatkan dari extra virgin olive oil (EVOO). Apa istimewanya dan bagaimana penggunaannya?

Minyak zaitun sering disertakan dalam diet sehat. Wajar saja, minyak yang mengandung oleuropein sebagai bahan aktif ini memang memiliki segudang khasiat.

Mulai dari menambah energi, sebagai antimikroba dan antiradang, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, hingga melindungi sel-sel otak. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mencegah kegemukan, kolesterol, hipertensi, serangan jantung, stroke, diabetes, kanker, dan Alzheimer yang bisa menyebabkan pikun. Tapi manfaat yang lebih dari itu tidak didapatkan dari sekadar minyak zaitun. Melainkan dari minyak zaitun ekstra virgin atau extra Virgin olive oil (EVOO).

KUALITAS PALING BAIK
EVOO merupakan minyak zaitun yang kualitasnya paling baik. Itu karena minyak ini dihasilkan dari perasan pertama buah dan biji zaitun, dengan teknik cold-pressed atau tanpa pemanasan dan bahan kimia.

Hal itu membuat struktur kimia dan vitamin minyak yang berwarna emas kehijauan seperti sampanye ini tidak rusak.

Karena itu, kandungan vitamin E, A, klorofil, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal EVOO paling tinggi dibanding minyak zaitun lainnya. Rasa dan aromanya juga kuat, sedang tingkat keasamannya kurang dari 0,8 persen per 100 gramnya.

LEBIH EFEKTIF
Kualias EVOO yang sangat baik, membuat khasiatnya lebih efektif dalam hal berikut ini:
  • Turunkan Berat Badan. Percaya atau tidak, menghirup aroma EVOO dapat meningkatkan hormon serotonin yang mengatur rasa kenyang. Hal itu mengurangi asupan kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan.
  • Sebagai Antiradang. Proses pengolahan EVOO minimal sehingga kandungan polifenolnya tinggi. Senyawa itu berperan sebagai antiradang.
  • Efektif Rawat Kulit. Kandungan polifenol, vitamin A, D, E dan K EVOO yang tinggi mampu melindungi serta menyehatkan kulit tubuh dan kepala.
  • Cegah Kanker. EVOO tidak boleh dipanaskan dengan api. Karena itu, radikal bebas yang dihasilkan pemanasan minyak melebihi titik asapnya tidak bisa dihasilkan EVOO. Itu artinya EVOO tidak menghasilkan zat karsinogenik sehingga bisa mencegah kanker.

HINDARKAN DARI PANAS
Titik asap EVOO rendah, sehingga tidak boleh dipanaskan atau digunakan untuk memasak. Pemanasan justru merusak struktur kimia dan vitaminnya.

Karena itu EVOO baik digunakan untuk dressing salad sayuran, atau ditambahkan pada saus atau yogurt. Lagipula, rasa dan aroma EVOO yang kuat justru bisa menambah cita rasa makanan.

EVOO juga akan rusak, bila disimpan di tempat yang terkena panas matahari. Karena itu, simpan di tempat tertutup dan gelap. Tidak perlu menyimpannya di pendingin. Tapi kalau sudah terlanjur sehingga EVOO mengristal, biarkan dalam suhu kamar di atas 16 derajat celcius. Mencairnya EVOO tersebut tidak akan merusak kandungannya. 

LEBIH JELI MEMILIH
EVOO memang baik untuk kesehatan.Tapi, Anda perlu lebih jeli dalam memilihnya. Sebab, ada beberapa hal yang sering dipersepsi salah oleh banyak orang. Seperti berikut ini:
  • Bisa Kedaluwarsa Meski belum melewati masa kadaluarsanya, EVOO yang terlalu lama dipajang di rak toko bisa kadaluarsa. Sebab, lampu toko yang sangat terang dapat mempercepat proses oksidasi. Itu juga membuat minyak jadi tengik. Karena itu, lihat tanggal pembotolannya. EVOO yang disimpan terhindar dari panas dan cahaya, serta botol kemasannya belum dibuka, dapat bertahan sampai dua tahun dari tanggal pembotolannya. Setelah botol dibuka, umur masa pakai minyak hanya tinggal beberapa bulan saja.
  • Label Bisa Bohong. Pada label EVOO tertulis ‘ekstra virgin’. jangan keburu percaya dulu. Sebab, sebagian besar EVOO yang beredar di toko tidak lulus tes sebagai minyak ekstra virgin. Bahkan ada yang dicampuri minyak lain sebagai tambahan pewarna dan perasa.


Sumber : Majalah Selera

0 komentar:

Post a Comment