Sunday, August 4, 2013

Jika Makan Banyak, Lakukan Olahraga Seminggu Lima Kali

Jika ingin makan banyak dan enak, maka olahraganya juga harus kuat Prinsipnya adalah antara makanan yang masuk dengan energi yang keluar seimbang agar tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Jika sudah makan banyak tetapi kurang olahraga atau bahkan tidak berolahraga maka akibatnya berat badan akan bertambah; Menurut dr. Suharto, SpKO, DPH, dokter spesialis kedokteran olahraga, untuk menurunkan berat badan, olahraga yang dapat dilakukan adalah olahraga yang banyak mengeluarkan kalori dan meningkatkan kerja otot sebanyak mungkin agar dapat membakar kalori dan lemak.


Jika setelah pesta atau Lebaran berat badan meningkat, dan Anda ingin menurunkan berat badan secara cepat sebaiknya melakukan olahraga renang, treadmill sepeda dan lari, yang merupakan olahraga yang banyak membakar kalori karena pada olahraga ini semua otot bergerak. Olahraga tersebut juga termasuk endurance training (latihan daya tahan), sehingga dapat meningkatkan stamina. Namun sebaiknya olahraga tersebut dikombinasikan, dengan olahraga weight training atau angkat beban.

Mengenai lamanya olahraga tergantung dari kemampuan otot dan daya tahan tubuh. Jika ingin menurunkan berat badan maka olahraga yang dilakukan harus lebih lama, tetapi harus dilihat dari kemampuan kerja jantung, paru-paru dan otot. Meski perlu kombinasi olahraga angkat beban (weight training), tetapi olahraga tersebut bukan yang utama. Jika biasanya melakukan olahraga angkat beban dengan berat beban 5 kg, maka sebaiknya dikurangi menjadi 3 kg, tetapi waktu olahraga lebih lama. Olahraga ketahanan seperti angkat beban dibedakan menjadi dua yaitu general endurance dan master endurance. General endurance akan merangsang kerja jantung, paru-paru dan otot. Sementara master endurance dilakukan dengan melatih kekuatan seperti angkat barbel.

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya melakukan olahraga lima kali seminggu, tetapi untuk maintenance olahraga cukup dilakukan tiga kali seminggu. Lamanya berolahraga dilakukan 30 menit, tetapi jika ingin menurunkan berat badan durasinya ditingkatkan. Tidak dianjurkan olahraga secara berlebihan karena akan membuat tidak bisa tidur degup jantung menjadi lebih cepat, tensi darah naik dan untuk jangka panjang bisa berefek pada kerusakan organ tubuh. Di samping olahraga, jika ingin berat badan turun maka sebaiknya perhatikan pola tidur karena jika tidurnya kurang akan memengaruhi berat badan. Dengan berolahraga dan pola makan yang baik, maka berat badan turun 4 kg dalam sebulan. Kartika, Iftah


Sumber: Info Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment