Tuesday, August 27, 2013

Kulit Bebas Kerutan Dengan Sekali Terapi Listrik

Usia yang terus bertambah serta terpapar sinar matahari secara langsung dan polusi udara membuat kulit wajah cepat mengalami penuaan dini seperti timbul kerutan halus. Namun, terapi listrik dapat mengurangi kerutan dan garis halus di wajah dalam sekali terapi saja. Seperti apa? 


Wajah dihiasi kerutan dan garis halus umumnya membuat wanita panik karena wajah tak lagi semenarik dulu sebelum timbul kerutan. Tak heran, kaum hawa rela merogoh koceknya dalam-dalam agar tampil menarik lebih lama. Selain berbagai treatment modern untuk mengatasi kerutan, terapi listrik yang selama ini digunakan untuk kesehatan juga ternyata dapat membuat wajah Anda bebas kerutan dan kulit kencang dalam sekali terapi.

Terapi Listrik. Dijelaskan oleh Dita Himawan Sucipto, S.Si, Cht, pakar terapi listrik, sistem kerja terapi listrik adalah menggunakan listrik AC (alternating conduct/ arus bolak-balik), yaitu arus listrik yang besar dan arahnya berubah-ubah secara bolak-balik. Listrik AC ini dijadikan alat untuk melakukan terapi dan memberikan rangsangan pada titik-titik tertentu akupunktur.

Manfaat dari terapi listrik adalah untuk merangsang sarat sehingga merelaksasi ketegangan otot-otot agar berada di jalur yang benar. Dengan adanya relaksasi maka secara otomatis sirkulasi darah menjadi lancar dan darah bisa berfungsi optimal membawa nutrisi dan oksigen sebagai bahan energi dan meregenerasi sel-sel sehingga terbentuknya sel-sel kulit baru.

Selain membantu tumbuhnya sel kulit baru, terapi listrik memiliki banyak manfaat bagi tubuh antara lain membantu memperbaiki kerusakan organ, psikologis, diabetes dan masalah kecantikan. Mengenai masalah kecantikan, terapi listrik mampu mengencangkan dan mencerahkan kulit pada wajah serta membuat kulit terlihat lebih awet muda. Kulit menjadi kencang dan cerah karena regenerasi set berjalan dengan baik sehingga proses relaksasi otot wajah tidak mengendur. Selain itu, suplai nutrisi dan oksigen pun berjalan dengan baik sehingga untuk setiap regenerasi sel tubuh memerlukan nutrisi dan oksigen yang cukup supaya terbentuk sel yang lebih muda dan kulit akan terlihat lebih kencang dan bersinar.

Proses. Terapi listrik harus dilakukan oleh ahli terapis yang berpengalaman untuk menggunakan arus listrik AC (bukan DC/direct current yaitu aliran elektron dari suatu titik yang energi potensialnya tinggi ke titik lain yang energi potensialnya lebih rendah. Terapis yang telah tersambung dengan listrik AC kemudian menyentuh titik-titik akupunktur pada orang yang menjalani terapi. Media yang biasa digunakan oleh seorang terapis listrik berupa kabel yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke tubuh pasien, kemudian lempengan aluminium yang berfungsi sebagai pijakan dan test pen alat untuk mengecek arus listrik. Biasanya terapi listrik berlangsung sesuai kebutuhan pasien, namun kebanyakan terapi listrik dilakukan selama 20-60 menit.

Sekali terapi hasilnya sudah terlihat yaitu kerutan halus berkurang, wajah kencang dan cerah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya terapi dilakukan sebulan sekali. Selain itu, tubuh juga akan lebih enteng, tidur lebih nyenyak dan relaks. Ketika melakukan terapi listrik sebaiknya perut tidak dalam keadaan terlalu lapar dan terlalu kenyang, karena akan membuat perut perih saat pengerjaan. Mengenai efek samping yang membahayakan dalam terapi listrik ini minim, karena dilakukan oleh terapis yang berpengalaman.

Untuk mempertahankan hasil yang telah dicapai tidak ada cara khusus. Tetapi sebaiknya Anda lebih memperhatikan pola hidup, menjaga pola makan yang seimbang antara nutrisi, protein dan mineral, minum air putih minimal dua liter per hari, istirahat yang cukup dan melindungi wajah dari sinar matahari secara langsung dengan pelembab dan sunblock.

Kulit kendur. Meskipun belakangan ini terapi listrik mulai tren, dr. I Ketut Sukarata SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin lebih berpegang pada cara-cara medis untuk peremajaan kulit. Ia mengatakan, untuk menghilangkan kerutan sebaiknya menghindari faktor penyebabnya. Perawatan kulit agar tidak keriput adalah dengan menggunakan produk peremajaan kulit, seperti vitamin A dan retinoid acid yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga merangsang sel-sel kulit baru.

Untuk membantu menghilangkan keriput, bisa juga menggunakan krim pemutih dan moisturizer yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid), Vitamin C dan E, serta sunblook yang dapat membantu meremajakan kulit. Terapi atau treatmentnya dengan chemical peeling, dermaroller mikrodermabrasi, skin rejuvenation, botox, filler laser, thermage dan operasi pengencangan kulit tanpa bedah menggunakan sinar khusus.

Jika hasil yang didapat sudah maksimal sebaiknya tetap melakukan pola hidup sehat. Misalnya melindungi wajah dengan memakai sunblook SPF 30, minum air yang cukup dua liter per hari, istirahat yang cukup, minum vitamin, serta makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Perhatikan juga ekspresi wajah yang sering Anda karena sangat berpengaruh pada wajah. Karena itu sebaiknya kurangi ekspresi wajah seperti terlalu banyak tertawa dan menangis karena akan cepat menimbulkan keriput.

Keriput merupakan salah satu ciri terjadinya penuaan, yang disebabkan oleh faktor intrinsik (dari dalam) dan faktor ekstrinsik (dari luar). Faktor yang datang dari dalam seperti usia tidak bisa dihindari. Namun faktor yang terjadi dari luar bisa dihindari dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya dan menjalani pola hidup yang sehat.

Penyebab penuaan dari luar antara lain gaya hidup yang tidak sehat, paparan sinar matahari, makanan yang tidak sehat, makanan yang tidak bergizi seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, makanan yang mengandung pengawet, makanan junk food, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai kebutuhan kulit, stres, polusi udara, terlalu banyak minum alkohol, merokok dan kurang minum. Penyebab-penyebab ini bisa dihindari agar tidak cepat timbul kerutan. Selain itu sebaiknya merawat wajah sejak dini, seperti menggunakan krim pagi dan krim malam, pelembab dan Sunblock. Nailul lffah.


Sumber: Tabloid Info Kecantikan

1 komentar: