Tuesday, August 6, 2013

Kulit Cerah dengan Buah-buahan

Tidak Cocok untuk Kulit yang Berjerawat.
Ingin memiliki kulit yang cerah namun budget terbatas untuk menjalani berbagai treatment modern yang mahal di klinik-klinik kecantikan? Tak perlu khawatir! Kulit Anda yang kusam bisa disulap menjadi cerah dengan buah-buahan, yang biasa Anda konsumsi seperti pepaya, alpukat, tomat, bengkuang, lemon jeruk nipis, mentimun dan strawberry. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah, tanpa harus merogoh kocek lagi. Murah bukan? Lantas seperti apa treatment-nya?

Treatment modern memang bisa membuat kulit Anda menjadi putih dalam waktu singkat. Tetapi hasil yang instan itu harus dibayar dengan budget yang tidak sedikit. Lalu bagaimana jika budget Anda terbatas? Apakah Anda tidak bisa memiliki kulit yang putih bersih bak selebriti ataupun para sosialita? Tentu saja jawabnya masih bisa! Untuk mencerahkan kulit tak harus selalu dengan biaya mahal. Dengan biaya minim pun Anda bisa mencerahkan kulit menggunakan buah-buahan yang biasa  Anda konsumsi seperti pepaya, alpukat, tomat, bengkuang, lemon/jeruk nipis, mentimun dan strawberry.

Menurut dr. Rimenda Sitepu, M.Si, praktisi estetik kosmetik herbal Jakarta, buah-buahan yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit umumnya mengandung antioksidan yang tinggi, seperti betakaroten, polifenol, vitamin C dan E. Kandungan antioksidan tersebut dapat mencerahkan kulit karena karena proses kerja dari antioksidan ini berhubungan dengan enzim tirosin. Enzim ini akan membentuk zat melanin, yaitu zat yang menentukan cerah atau tidaknya kulit seseorang. 

Seperti diketahui, jika zat melanin jumlahnya banyak maka kulit seseorang akan terlihat lebih gelap. Selanjutnya antioksidan akan mengikat molekul tirosin sehingga akan menekan jumlah zat melanin yang diproduksi oleh tirosin. Karena jumlah zat melanin yang diproduksi berkurang, maka kulit akan terlihat lebih cerah.

Ditambahkan oleh dr. Srie Prihianti, SpKK, Ph.D, dokter spesialis kulit dan kelamin, kandungan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit erat kaitannya dengan kemampuan antioksidan dalam menangkap radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini seperti kulit kusam dan timbul vlek hitam. Jika radikal bebas ditangkap oleh antioksidan maka dapat mencegah penuaan dini pada kulit, sehingga kulit pun akan terlihat lebih cerah.

Dijadikan Masker. Untuk mendapatkan manfaat antioksidan dari buah-buahan untuk mencerahkan kulit, banyak yang mengatakan buah buahan tersebut sebaiknya dimakan segar tanpa diolah dan ada lagi pendapat yang mengatakan buah-buahan tersebut sebaiknya diolah menjadi masker, lalu dioleskan pada wajah yang akan dicerahkan. Menanggapi hal tersebut dr. Srie berpendapat, jika buah-buahan tersebut dimakan langsung maka efek dari antioksidan itu akan tersebar ke seluruh tubuh dan hanya sebagian saja yang sampai ke kulit. Tentu hal tersebut membuat hasilnya tidak maksimal. 

Sementara jika buah-buahan tersebut dijadikan masker atau bahan dasar krimtopikal, maka bahan antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa menyerap dan masuk ke dalam kulit dalam jumlahnya yang cukup. Meski demikian, ditambahkan oleh dr. Huda Haidar, dokter sekaligus ahli kecantikan, sebaiknya Anda makan buah-buahan secara langsung dan membuat masker buah-buahan untuk dioleskan pada kulit sehingga kulit, menjadi lebih cerah.

Masker buah-buahan ini bisa digunakan untuk segala , jenis kulit, baik kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak. Berikut penjelasan beberapa buah-buahan yang dapat mencerahkan kulit:

Pepaya
Pepaya sudah dikenal manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Menurut dr. Huda, di dalam pepaya terdapat kandungan seperti antioksidan, enzim dan zat AHA (alpha hydroxy acid), yang memiliki manfaat untuk kulit karena dapat melepaskan sel-sel kulit mati. Jika pelepasan sel-sel kulit matinya lancar maka kulit akan terlihat lebih cerah dan halus.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya diimbangi dengan memakai masker pepaya. Caranya satu buah pepaya dicuci dengan air mengalir, lalu dikupas kulitnya. Dagingnya diambil dan ditambahkan 3 sdm madu, lalu diblender hingga halus. Campuran pepaya dengan madu ini kemudian dioleskan pada wajah atau bagian kulit yang ingin dicerahkan. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan dibilas dengan air hingga bersih.

Lemon dan Jeruk Nipis
Jeruk lemon dan jeruk nipis kaya akan Vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, serta menyamarkan vlek hitam. Untuk dikonsumsi secara langsung, jeruk lemon atau jeruk nipis dicuci bersih dengan air yang mengalir, lalu dibelah menjadi dua bagian dan diperas airnya. Air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon itu ditambahkan dengan 3 sdm madu, lalu dicampurkan dengan air hangat sekitar 400 ml, kemudian jeruk nipis atau lemon diminum.

Untuk membuat masker lemon dan jeruk nipis, air perasan jeruk nipis yang sudah dicampurkan 3 sdm madu, langsung dioleskan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan dibilas dengan air bersih.

Bengkuang
Bengkuang kaya akan kandungan pachyrizan, rotenon vitamin B1 , vitamin C dan antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Untuk konsumsi langsung, bengkuang cukup dicuci bersih dengan air yang mengalir, lalu dikupas kulitnya dan dimakan sebelum sarapan dan sebelum makan siang secara rutin setiap hari.

Sementara untuk dibuat masker bengkuang, menurut dr. Rimenda, bengkuang yang telah dikupas kulitnya lalu dihaluskan dengan blender. Sesudah itu didiamkan di dalam mangkuk selama lima jam dan sesudah lima jam ambil intisarinya (serbuk putih), lalu campurkan dengan susu murni 1/2 cangkir. Kemudian campurkan dengan 5 sdm madu dan oleskan pada bagian kulit yang akan dicerahkan. Kemudian masker bengkuang didiamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mentimun
Mentimun sangat bagus digunakan untuk mencerahkan kulit jika digunakan secara rutin. Pasalnya, mentimun mengandung zat saponin yang mengeluarkan lendir, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, C, dan E. Untuk dimakan secara langsung, mentimun dibersihkan dengan air mengalir, lalu kupas kulitnya. Mentimun dapat dimakan sebelum sarapan dan sebelum makan siang setiap hari.

Adapun sebagai bahan masker mentimun, menurut Etty Bachetia, herbalis dan ahli kecantikan alternatif, caranya adalah: ambil satu buah mentimun yang telah dikupas dan dibersihkan dengan air rnengalir. Sesudah itu tambahkan 1/2 cangkir lemon dan 5 sdm madu, lalu dimasukkan ke dalam blender hingga halus. Sesudah itu, oleskan masker mentimun ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama 20 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

Alpukat
Alpukat kaya vitamin A, vitamin C dan karoten yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Untuk konsumsi langsung, ambil satu buah alpukat, lalu dicuci bersih dengan air yang mengalir dan selanjutnya dibelah menjadi dua. Kerok dagingnya dan ditambahkan dengan 3 sdm madu, lalu dikonsumsi sebelum sarapan pagi dan sebelum makan siang. Sementara untuk dijadikan masker alpukat, daging buah alpukat diambil dan ditambahkan 3 sdm madu, lalu diblender hingga halus. Sesudah siap, masker alpukat dioleskan pada kulit wajah dan didiamkan selama 15 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

Tomat
Tomat kaya kandungan vitamin C, karotenoid, dan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mencerahkan kulit. Karena itu agar kulit cerah, sebaiknya tomat dikonsumsi secara rutin. Ambil satu buah tomat ukuran sedang, lalu dicuci bersih dengan air mengalir, kemudian dimakan sebelum sarapan dan makan siang setiap hari.

Sementara untuk diolah menjadi masker, buah tomat yang sudah dibersihkan dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam blender dan ditambahkan 3 sdm madu, lalu blender hingga halus. Masker tomat yang sudah jadi langsung dioleskan pada bagian kulit wajah secara merata atau bagian kulit lain yang akan dicerahkan. Lalu diamkan masker selama 15 menit pada wajah, kemudian dibilas bersih.

Strawberry
Strawberry kaya kandungan vitamin C, antioksidan dan ellagic acid yang berguna untuk mencegah kerusakan kolagen pada kulit. Selain itu buah strawberry juga bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang berguna untuk membantu mencerahkan kulit. Untuk konsumsi secara langsung ataupun mengolahnya menjadi masker, Anda cukup mengambil beberapa buah strawberry lalu cuci bersih dengan air mengalir.

Kemudian pisahkan strawberry dengan daunnya, lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan 3 sdm madu, lalu blender hingga halus. Setelah siap, strawberry tersebut bisa dimakan secara langsung sebelum makan pagi ataupun sebelum makan siang. Sementara untuk masker, buah strawberry yang sudah diblender dioleskan pada kulit wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Rutin. Sebaiknya perawatan-dengan masker buah-buahan dilakukan secara rutin seminggu tiga kali. Jika rutin dilakukan maka dalam waktu 1-3 minggu (7-21 hari), kulit akan terlihat lebih cerah. Jika kulit sudah terlihat cerah, maka sebaiknya Anda tetap melakukan perawatan kulit dengan masker buah-buahan 1-2 minggu sekali agar cerahnya kulit terjaga. Hasil kulit cerah akan semakin baik jika buah-buahan juga dikonsumsi setiap hari, sebelum sarapan dan sebelum makan siang. Biasanya jika rutin dikonsumsi setiap hari maka dalam jangka waktu 14-21 hari (2-3 minggu), kulit akan terlihat lebih cerah, sesuai dengan proses keratinisasi kulit (pergantian kulit) yang berlangsung selama 7-21 hari.

Meski buah-buahan adalah bahan alami, bukan berarti tidak ada efek samping untuk kulit sama sekali. Karena itu menurut Etty Bachetta, sebaiknya masker buah-buahan tersebut oleskan sedikit dulu pada kulit yang ingin dicerahkan. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasikan timbulnya iritasi, terutama pada mereka yang kulitnya sensitif terhadap buah-buahan. Ketika masker ditempelkan dan tidak terjadi efek iritasi, gatal-gatal dan kemerahan, maka penggunaannya boleh dilanjutkan.

Selain jenis kulit sensitif yang harus berhati-hati dengan penggunaan masker, mereka yang kulitnya sedang berjerawat juga sebaiknya tidak menggunakan masker buah-buahan. Pasalnya, jika kulit berjerawat ditempeli masker buah, dikhawatirkan akan timbul efek seperti iritasi. Jika kondisi tersebut terjadi, bukannya mendapatkan kulit yang cerah, malah justru menimbulkan masalah baru di kulit. Diah, Indri, Upie, Iffah


Sumber: Info Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment