Wednesday, March 19, 2014

8 Cara Mengatasi Rambut Lepek

Rambut menjadi bagian terpenting yang sangat dijaga oleh kaum hawa. Jika ada masalah kerusakan rambut seperti lepek, tentu saja sangat mengganggu sehingga tampilan menjadi tidak sempurna. Karena itu dibutuhkan perawatan untuk membuat rambut lepek menjadi lebih indah. Seperti apa?

Tidak ada perempuan yang menginginkan rambut terlihat lepek. Kebanyakan kaum hawa tentu sangat menginginkan tampilan rambut menjadi lebih indah dan bervolume agar terlihat menarik. Masalah rambut lepek membuat rambut menjadi sulit diatur. Tidak hanya pemilik rambut panjang yang kerap mengalami masalah rambut lepek, begitu juga pemilik rambut pendek terkadang mengalami masalah serupa. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang tepat agar rambut lepek bisa kembali indah dan mudah diatur.

Rambut lepek dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya penggunaan sampo yang kurang tepat, cara keramas yang salah dan kurang memerhatikan perawatan rambut. Seperti dijelaskan oleh Novi Arimuko, hair stylist salah satu penyebab rambut lepek adalah kurangnya menjaga kebersihan rambut. Misalnya, melakukan keramas yang kurang bersih. Mencuci rambut ketika keramas dengan tidak membersihkan sisa sampo yang tertinggal pada akar rambut dapat menjadi penyebab rambut mudah lepek. Jika kotoran yang menempel pada kulit kepala masih tertinggal menyebabkan rambut berminyak. Sehingga rambut menjadi lepek bahkan bisa menimbulkan ketombe. 

Ditambahkan Arnold, hairstylist rambut lepek tidak hanya disebabkan oleh ketidaktepatan dalam melakukan perawatan rambut. Tetapi, dapat berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh maupun faktor lingkungan seperti cuaca di musim hujan. Karena rambut lebih sering basah terkena air hujan dan tidak langsung dikeringkan, dapat mengakibatkan rambut mudah lepek.

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut menjadi lepek, tentunya rambut harus dijaga dengan melakukan perawatan yang benar dan tepat. Salah satu perawatan sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis rambut. Berikut beberapa tips perawatan agar rambut tidak mudah lepek dan membentuk volume rambut:

1. Sampo dan Kondisioner. Pillh sampo dan kondisioner khusus untuk rambut berminyak yang bermanfaat mengurangi kadar minyak. Tidak sedikit orang yang mempunyai rambut pada bagian akar berminyak, sedangkan pada baglan ujungnya kering. Hindari penggunaan sampo two in one. Pada saat mengoleskan kondisioner, pastlkan dioleskan pada bagian ujung rambut saja. Apabila dioleskan sampai ke akar akan membuat rambut terlihat lepek.

2. Pencucian Rambut. Pada saat melakukan keramas, sebaiknya lakukan dua kali pembilasan. Dengan dua kali keramas, minyak dan kotoran yang ada pada rambut bisa terangkat dengan sempurna. Setelah pemakaian sampo pertama usahakan berikan pijatan beberapa menit baru membilas menggunakan air bersih, lalu lakukan pembilasan kedua. Cara ini baik dilakukan untuk rambut berminyak agar memberikan busa yang lebih banyak pada pembilasan kedua. Dengan cara itu dapat mengangkat kotoran dan minyak yang berlebihan pada bagian kulit kepala. Dianjurkan untuk melakukan keramas sebaiknya dua hari sekali untuk mengurangi tingkat kerusakan rambut lain seperti rambut rontok.

3. Keringkan Rambut. Setelah keramas sebaiknya rambut langsung dikeringkan dengan handuk. Kalau pun menggunakan hair dryer dengan suhu yang tidak terlalu panas. Namun, akan lebih baik bila rambut dikeringkan secara alami karena bila menggunakan hair dryer terlalu sering maka rambut akan menjadi kering dan bisa menimbulkan kerontokan rambut.

4. Masker Alami. Gunakan masker alami rambut seperti jeruk nipis dan yoghurt. Caranya, dengan mencampurkan 2 sendok makan yoghurt plain bersama 1 sendok makan jeruk nipis. Setelah siap, oleskan pada batang rambut hingga menyeluruh. Diamkan selama 5-10 menit lalu dibilas dengan air dingin. Baru keramas menggunakan sampo dan kondisioner bilas sampai bersih ke seluruh bagian rambut. Manfaat menggunakan bahan alami dapat mengurangi minyak yang ada pada akar rambut dan memelihara rambut menjadi lebih sehat dan indah. Gunakan masker rambut minimal seminggu 1-2 kali.

5. Gunakan Dry Shampoo atau Bedak Khusus Rambut. Penggunaan bedak sampo hasilnya sangat diandalkan. Rambut menjadi bersih seperti menggunakan shampo cair dan rambut pun lebih bervolume. Namun bedak sampo ini tidak disarankah untuk dipakai setiap hari karena akan membuat rambut menjadi lebih kering dan rontok. Cara menggunakan dry shampoo cukup sederhana. Pertama, kocok botolnya terlebih dulu, lalu semprotkan pada rambut yang kering   dengan   jarak 30-40 cm agar dry shampoo merata pada rambut.

6. Hair Powder. Manfaat hair powder dapat berfungsi membuat volume pada rambut yang lepek. Sehingga rambut terlihat mengembang secara alami. Caranya, oleskan per-cutting pada bagian akar rambut secara merata dengan sedikit memijat. Setelah itu, baru disisir dengan rapi. Mlaka, rambut akan terlihat bervolume secara alami.

7. Hair Spray. Untuk membentuk rambut agar lebih bervolume, semprotkan sedikit hair spray pada rambut. Agar hasil lebih tahan lama, semprotkan ulang pada bagian rambut yang diinginkan dengan jarak yang sama. Tidak dianjurkan saat menyemprotkan dengan jarak yang lebih dekat karena akan membuat rambut menjadi kering dan lengket. Untuk hasil maksimal, secara menyeluruh balikkan rambut dan semprot pada setiap rambut agar volume rambut lebih tahan lama.


8. Hair Mousse. Mousse bisa menambah volume rambut yang lepek menjadi lebih bervolume sehingga membuat rambut mudah diatur dengan gaya apapun dan memberikan pertahanan maksimal agar rambut tetap rapi. Caranya, oleskan mousse pada bagian rambut mulai dari atas hingga bawah rambut, ketika rambut dalam kondisi setengah kering. Kemudian blow dry rambut, gunakan sisir atau sikat bulat untuk menata rambut agar rambut lebih bervolume. Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete