Wednesday, March 5, 2014

Scar Lenyap Tanpa Bekas Berkat Laser

Setiap perempuan menginginkan kulit yang cantik dan mulus. Munculnya scar pasti akan mengganggu setiap penampilan yang berimbas pada rasa percaya diri. Pada dasarnya, scar yang terbentuk selain bergantung kepada dalamnya luka dan lokasi di tubuh juga bergantung kepada bawaan kulit masing-masing orang. Apabila penyembuhan luka seseorang normal, maka scar yang terbentuk samar bahkan hampir tidak terlihat. Namun, bila penyembuhan luka seseorang lebih lama dari yang normal, maka scar akan menebal sehingga bekas luka akan terlihat jelas dan lebih menonjol dari kulit sekitar.

Lama penyembuhan luka dapat dipengaruhi oleh faktor lokal dan sistemik, Yang dimaksud dengan faktor lokal adalah oksigenasi, Infeksi dan ada tidak benda asing dan normal dalam pembuluh darah vena. Sedangkan faktor sistemik adalah usia dan jenis kelamin, hormon seks, nutrisi, merokok dan gangguan penyembuhan luka bawahan. Kebanyakan scar yang bermasalah dan banyak dikeluhkan adalah scar yang diakibatkan karena jerawat.

Mengatasi masalah scar, saat ini tersedia berbagai terapi di bidang kedokteran untuk menyamarkan scar yang berbentuk cekung. Scar bisa disamarkan dengan melakukan collagen induction therapy atau yang sering disebut microneedling atau dermaroller, chemical peeling, injeksi, filler, dermabrasi, laser sampai dengan operasi. Sedangkan untuk scar yang menebal bisa disamarkan dengan Injeksi steroid, semiocclusive ointments dengan menggunakan silikon gel, pressure dressing, laser sampai operasi. Pada umumnya, dokter spesialis kulit dan kelamin akan memberikan terapi berdasarkan kondisi scar dan ekonomi pasien. Terapi laser dinilai paling nyaman dan hasil memuaskan dibanding yang lain.

Tahap pengerjaan, laser yang digunakan untuk memperbaiki scar bertujuan membuat luka baru di scar sehingga akan merangsang penyembuhan luka dan pembentukan kolagen baru yang normal. Sehingga scar akan lebih halus dan samar. Sebelum dilakukan laser, kulit pasien akan dipersiapkan terlebih dulu dengan krim khusus selama beberapa minggu. Tujuannya, agar hasilnya lebih maksimal dan efek samping. Serta komplikasi laser akan dapat diminimalisir.


Saat ini laser sudah menjadi salah satu pilihan utama pasien untuk menghilangkan scar karena biaya laser tidak semahal waktu sebelumnya. Hasil yang dicapai cukup memuaskan serta waktu penyembuhan yang cepat memungkinkan pasien dapat segera melakukan aktivitas sehari-hari kembali. Widi  (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment