Monday, March 17, 2014

Mencerahkan Kulit di Area Siku dan Lutut

Merawat kulit agar tetap cerah dan mulus merupakan salah   satu cara untuk tetap cantik dan menarik. Namun, terkadang kulit yang dirawat hanya di area yang terlihat saja seperti kulit wajah dan tubuh. Padahal ada area siku dan lutut yang sering terlupakan sehingga kulit menjadi lebih hitam dan tidak terawat. Lalu bagaimana cara mencerahkan area siku dan lutut?

Berpenampilan menarik dan memiliki kulit yang cerah sudah menjadi impian setiap wanita. Namun, banyak perempuan yang tidak memerhatikan area kulit siku dan lutut. Anda yang senang mengenakan rok pendek ataupun tank top tentunya kulit area siku dan lutut akan lebih terlihat. Untuk itu, Anda harus merawat bagian tersebut agar tidak terlihat kehitaman yang membuat penampilan tidak sempurna.

Menurut dr. Abraham Arimuko, SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, kulit area siku dan lutut adalah bagian yang sering terkena gesekan. Gesekan-gesekan tersebut dapat menimbulkan iritasi menjadi kemerahan dan peradangan. Peradangan tersebut lama kelamaan akan menjadi kulit lebih tebal serta meninggalkan warna kulit seperti lecet sehingga membuat kulit menjadi kehitaman.

Ditambahkan dr. Monita Ardhiningsih, dokter kecantikan, kulit area siku dan lutut memang memiliki gradasi warna dikarenakan perbedaan struktur kulit. Sebenarnya sama saja dengan kulit yang lain, tetapi karena daerah tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan terjadi penebalan, misalnya karena sering terkena tekanan dan banyak pergerakan. Secara fisioiogis, kulit di area tersebut diciptakan untuk melindungi trauma seperti gesekan pada kulit. Perbedaan struktur kulit memiliki fungsi yang berbeda dengan kulit yang lain misalnya daerah yang sering terkena trauma biasanya terjadi pada daerah epidermis yang lebih tebal. Penebalan epidermis sampai dermis tidak memiliki jaringan seperti saraf dan darah atau jaringan kulit ari lebih tebal. Berbeda dengan lapisan kulit yang di dalamnya dialiri saraf dan terdapat pembuluh darah. Jadi semakin tebal kulit epidermis semakin kulit akan terlihat lebih gelap. Karena fungsi dari kulit tersebut berbeda sehingga ketebalan masing-masing kulit tersebut juga berbeda.

Untuk memperbaiki kondisi pada area kulit siku dan lutut di anjurkan untuk menghindari iritasi, memperbaiki kondisi kulit agar tidak ada penebalan di area kulit siku dan lutut dengan dengan penggunaan krim agar lebih lembab. Anda juga that memberikan bleaching agent pada area siku dan lutut. Secara tidak langsung kulit yang lembab tidak akan mudah terkena iritasi. Bahan dari krim tersebut bisa mengandung hyaluronic acid aiau minyak kelapa. Anda juga dapat memperbaiki warna kulit tersebut dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis. Jeruk   nipis mengandung beberapa asam seperti asam sitrus yang mampu mengikis kulit mati. Anda dapat mengolesi jeruk nipis setiap dua hari sekali atau dengan krim dokter yang mengandung bahan-bahan yang sudah diformulasikan seperti asam salisilat, asam alfa hidroksi dan asam laktat selain itu juga dapat mengandung fruity acid, glycolic acid dan salicylic acid.

Mencerahkan Siku dan Lutut. Untuk mencerahkan kulit area siku dan lutut biasanya dokter memberikan hidrokuinon 2-5% yang dapat digunakan setiap hari. Biasanya kulit sudah terlihat cerah setelah dua minggu atau lebih. Penggunaan body lotion sehabis mandi juga diperlukan untuk membantu melepas sel-sel kulit mati dengan mudah sehingga mampu mengurangi warna kehitaman.

Perawatan Untuk mencerahkan kulit di area siku dan lutut dapat dilakukan sendiri atau di klinik kecantikan. Jika Anda memilih klinik, akan ditangani oleh beautician yang ahli dengan obat-obatan yang dioleskan atau yang disebut dengan peeling TCA, AHA dan fruity acid. Manfaatnya dapat mengiritasi lapisan kulit atas sehingga kulit dapat mengelupas. Untuk perawatan secara teknik, Anda dapat memilih treatment mikrodermabrasi. Mikroderrnabrasi adalah teknik untuk meregenerasikan kulit sehingga sel kulit mati dapat terangkat lebih cepat dengan berbagai model seperti menggunakan crystal dan diamond. Menggunakan serbuk crystal yang tajam-tajam dapat mengikis lapisan kulit atas hingga mendatangkan hasil sempurna. Sedangkan jika menggunakan diamond seperti memakai alat berbentuk tip di ujungnya kemudian digoreskan ke kulit sampai sel kulit mati tergores. Setelah itu langsung divakum.

Peeling dan mikrodermabrasi dapat dilakukan sebulan sekali tergantung ketebalan kulit. Setelah melakukan peeling atau mikrodermabrasi kulit tidak langsung mengelupas, tetapi ditunggu sampai proses kulit mati terangkat dalam waktu 28 hari. Regenerasi kulit tergantung kondisi kulit. Setelah dua minggu baru dapat dilakukan kembali treatment peeling dan mikrodermabrasi. Setelah hasilnya sudah terlihat, Anda dapat melakukan sebulan sekali selama enam bulan dan dapat mempertahankan kelembaban kulit dengan menggunakan krim perawatan.


Selain klinik, perawatan mencerahkan kulit area siku dan lutut di rumah seperti rutin menggunakan lulur halus satu atau dua kali seminggu. Tetapi, jika Anda menggunakan lulur jangan menggosok terlalu kasar karena dapat menimbulkan iritasi dan menyebabkan kehitaman. Bila Anda memiliki waktu yang banyak, Anda dapat menggunakan masker whitening dan mengolesi jeruk nipis seminggu dua kali sehingga kulit dapat menipis dan menjadi lebih cerah. Suciati (Info kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment