Saturday, May 31, 2014

Meniruskan Tulang Pipi

Konsultan: dr. wendy Aniko, SpBP (RSCM)
Struktur tulang pipi yang terlalu menonjol memang akan memengaruhi karakter wajah seseorang, karena terlihat lebih tajam dan maskulin. Tetapi dengan perkembangan teknologi di bidang medis, masalah Anda dapat diatasi.   Salah satunya dengan metode bedah plastik, di mana tulang pipi yang berlebih akan dipotong, termasuk mengecilkan rahang bagian bawah. Metode tersebut dikenal dengan istilah osteotomy.
Cara kerja metode ini adalah untuk membuang tulang pipi dan menyamakannya dengan bagian rahang agar tidak terlalu lebar. Pada tahap pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan osteotomy adalah foto 3D. tahap ini dilakukan untuk melihat apakah tulang pipi kiri dan pipi kanan terlihat simetris atau tidak.

Usai dilakukan foto 3D, dokter bedah akan menjelaskan mengenai struktur tulang, dan berapa banyak yang akan dibuang. Efek samping setelah melakukan osteotomy hanya bersifat sementara seperti, bengkak, pendarahan di dalam dan sedikit terganggu saat mengunyah. Selebihnya, pasien dapat melakukan aktivitas normal seperti biasa. Kecuali jika struktur tulang rahang juga dirubah maka gerakan di sekitar wajah akan terbatas selama 3 atau 6 minggu pertama. Pasca osteotomy, selama 6 minggu masa pemulihan, pasien hanya diminta mengonsumsi makanan dalam bentuk lunak. Agar tulang pipih dan rahang tidak bekerja terlalu keras.


Untuk mengecilkan tulang pipi menggunakan metode osteotomy ini, pasien harus sudah berusia di atas 17 tahun, karena pertumbuhan tulang pipi di usia tersebut sudah terhenti. Range biaya yang harus dikeluarkan untuk metode ini berkisar dari 40 juta hingga 100 jutaan. Rini Listia (Info Kecantikan) 

0 komentar:

Post a Comment