Thursday, May 22, 2014

Hidung Mancung Dengan Teknik Shading Dan Implan

Bentuk hldung berperan penting dalam menunjang penampilan seseorang untuk terlihat sempurna. Namun, tidak semua orang dikaruniai hidung yang mancung. Tetapi ada banyak cara yang dilakukan untung menutupi kekurangan tersebut. Mulai dari teknik shading secara alami hingga teknik implan yang dianggap tahan lama. Bagaimana caranya?
Tak semua orang beruntung memiliki pangkal hidung atau tulang hidung yang tinggi, dan cuping hidung yang kecil (tidak lebar). Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak teknik yang digunakan untuk membuat hidung tampak sempurna, mulai dari teknik shading hingga teknik implan hidung.

Implan Hidung. Menurut dr. Ni Made Swantari, MBiomed, SpBP, dokter spesialis bedah plastik, teknik bedah aesthetic hidung biasanya dilakukan pada hidung yang tidak memiliki kelainan apapun, seperti hidung bengkok atau patah. Bedah aesthetic tersebut dilakukan hanya untuk meninggikan pangkal atau tulang hidung yang pendek. 

Untuk meninggikan pangkal atau tulang hidung yang pendek ini biasanya dilakukan dengan memasangkan implan silikon padat ke lapisan bawah kulit. Agar hasilnya terlihat lebih alami, implan hidung tersebut dibentuk sesuai keinginan sehingga menyerupai hidung asli tanpa operasi. Agar hasilnya lebih maksimal pada saat dipasang ke hidung, sebaiknya implan hidung harus diukur sebelum dipasangkan.

Mencegah efek samping yang tidak diinginkan, sekarang ini teknik aesthetic pemasangan implan hidung mulai bergeser dari penggunaan implan hidung yang terlalu panjang atau tinggi berganti ke penggunaan implan hidung yang tidak terlalu panjang atau tinggi. Pasalnya, penggunaan implan hidung yang terlalu panjang atau tinggi dikhawatirkan akan membuat kulit hidung terlihat lebih tipis. Hal tersebut membuat ujung hidung terlihat memerah dan implan tersebut akan keluar di bagian ujung hidung.

Selain penggunaan implan hidung yang tidak terlalu panjang atau tidak terlalu tinggi, untuk mengurangi terjadinya komplikasi, maka teknik bedah aesthetic hidung ini juga bisa dilakukan dengan memakai tulang rawan telinga. Kemudian, tulang rawan tersebut dibentuk sesuai keinginan lalu dipasangkan di bagian ujung hidung yang akan dimancungkan.

Operasi pemasangan implan hidung biasanya berlangsung selama satu hingga dua jam. Karena bukan tergolong operasi berat, maka setelah pengerjaan pasien langsung diperbolehkan pulang. Tujuh hari setelah operasi, pasien dianjurkan untuk kembali mengunjungi dokter bedah plastik untuk membuka jahitan. Seperti halnya teknik bedah plastik lain, operasi pemasangan implan hidung ini pun langsung terlihat hasilnya beberapa saat setelah pengerjaan. Tentu saja, hasil maksimal dari operasi ini akan terlihat setelah bekas luka operasi tersebut sembuh secara sempurna. Meskipun begitu operasi implan hidung ini bisa bertahan seumur hidup.

Shading. Sementara itu, menurut Nita Gunawan, make up artist, ada beberapa cara yang bisa membuat hidung seseorang tampak ideal tanpa melakukan operasi. Hidung diberi shading pun akan memberikan efek mancung dengan cara menggunakan shading pada cuping hidung secara merata  hingga ke tulang samping guna mempertegas bentuk hidung. Kalau seandainya tidak memiliki produk shading bisa juga menggunakan foundation atau bedak berwarna gelap.

Sedangkan untuk bagian tulang hidung agar terlihat menonjol bisa menggunakan highlighter (warna terang), namun bisa juga dengan mencampur warna luminizer sehingga memberikan kesan glowing dan tulang hidung tampak lebih menonjol. Bagi Anda yang hidungnya pendek, shading bisa dioleskan atau diaplikasikan dari sepanjang cuping sampai ke pangkal alis supaya terkesan hidung lebih panjang.

Bagi Anda yang memiliki hidung panjang mengaplikasikan atau memakai shading cukup berhenti sejajar dengan pangkal mata. Jika pemakaian shading sampai ke alis akan memberikan efek kurang bagus karena hidung akan terlihat terlalu panjang. Namun bagi pemilik hidung yang sudah mancung bahkan terlalu mancung sehingga tulang hidungnya menonjol seperti hidung beo bisa juga memakai shading dengan cara mengaplikasikan khusus di area yang tulangnya menonjol.

Pemakaian shading bagi pemula lebih baik mengoleskan atau mengaplikasikan sedikit demi sedikit, apabila belum sempurna bisa ditambahkan secara perlahan karena jika pemakaian terlalu tebal susah untuk dihilangkan. Pemakaian shading sangat membantu bagi pemilik hidung yang merasa kurang ideal sebab shading bisa membantu mempertegas tulang hidung. Tetapi pada saat melakukan shading perlu berhati-hati agar hidung tidak térkesan palsu. Bagi pemilik kulit berminyak sebaiknya memakai produk anti-minyak sebelum mengaplikasikan shading supaya tidak cepat Iuntur. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment