Friday, May 2, 2014

Makanan Sehat Untuk Gigi Si Kecil

Konsultan: Drg. Ali Akbar
Anak berusia lima tahun biasanya menyukai makan-makanan yang mengandung banyak gula, seperti permen, cokelat dan ice cream. Sebagai orangtua harus lebih waspada terhadap makanan yang masuk ke dalam mulut si kecil, jika tidak diperhatikan maka gigi pada anak akan cepat rusak.

Demi kesehatan anak, dianjurkan memberi konsumsi makanan bervariasi dengan gizi yang tinggi. Misalnya, sayuran, buah segar kacang-kacangan dan susu serta olahannya. Usahakan anak Anda tidak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Karena dapat meningkatkan risiko terkena karies. Karies merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak struktur gigi yang menyebabkan gigi jadi berlubang.

Tidak hanya itu saat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat plak yang ada daiam rongga mulut akan bergabung dengan gula sehingga menghasilkan asam. Nah, asam yang dihasilkan akan cepat menyerang gigi dalam waktu tertentu sehingga dapat mengakibatkan hancurnya struktur email gigi.

Saat memberikan snack pada buah hati Anda, sebaiknya hindari makanan bertekstur lunak, lengket, manis yang mudah menempel pada permukaan gigi dan sela-sela gigi. Misalnya permen dan manisan buah. Makanan lunak akan lebih mudah menempel pada permukaan gigi, kondisi ini menghasilkan asam yang lebih banyak, sehingga mempertinggi risiko terkena karies gigi. Saat si kecil mengonsumsi makanan manis, sebaiknya dibarengi dengan makanan utama. Agar jumlah aliran saliva selama mengunyah lebih meningkat dan mampu menetralkan efek gula. Yang terpenting dilakukan adalah dengan menyikat gigi setelah makan.

Beberapa contoh makanan rendah gula dan bergizi tinggi yakni Popcorn, Yoghurt RotL Sereal, Keju, Pizza Serta Muffins. Dan makanan lain yang rendah gula seperti susu murni, telur, daging, buah, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.


Sedangkan contoh makanan yang bergizi namun banyak mengandung gula antara lain kismis, pudding, buah-buahan yang dikeringkan, susu cokelat, es krim dan kulit buah. Sedangkan contoh makanan rendah gula dan rendah gizi antara lain kue tar, kue kering, selai, permen, es loli dan permen cokelat. Suciati (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment