Sunday, May 11, 2014

10 Jenis Facial Bikin Awet Muda

Treatment Facial menjadi salah satu perawatan yang umum dilakukan. Setiap pusat perawatan kecantikan wajah pasti menawarkan treatment facial dengan berbagai macam jenis dan keunggulan. Seiring berkembangnya teknologi, treatment facial memiliki berbagai  perkembangan yang akhirnya tak hanya bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati, tetapi membuat kulit wajah terlihat awet mudah. Benarkah demikian? Lantas facial apa saja yang bisa membuat awet muda? Berikut uraiannya

Tawaran melakukan berbagai macam perawatan kecantikan terus bermunculan. Beragam jenis treatment yang mendatangkan keuntungan dan manfaat besar bagi kecantikan kulit wajah mendominasi kehidupan para perempuan. Tidak hanya di kota besar, di berbagai daerah perawatan kecantikan menjadi sangat akrab bagi perjalanan kehidupan perempuan. Semua berharap mendapatkan kulit wajah cantik, sehat, segar dan awet muda demi berbagai keinginan. Seperti ingin menyenangkan pasangan, tampil percaya diri di hadapan publik dan sebagai bentuk kepuasan diri.

Salah satu treatment yang sering dipilih dan dilakukan adalah facial. Di setiap klinik atau salon kecantikan, facial merupakan treatment yang umum dan mayoritas tersedia untuk ditawarkan. Menurut dr. Niken Pattimahu, dari klinik NMW Skin Care, Jakarta, facial adalah satu perawatan wajah yang bertujuan menjaga kebersihan dan kesehatan wajah. Perawatan ini merupakan prosedur kosmetik untuk peremajaan kulit yang dapat memperbaiki penampilan dan tekstur kulit. Intinya, banyak orang melakukan facial untuk merawat wajah agar lebih segar, sehat, kencang sehingga terlihat awet muda.

Seperti diketahui, polusi dan debu dapat menyebabkan kulit kusam, hilang kesegaran dan menyebabkan penuaan dini. Dengan facial, kotoran dari kulit akibat polusi dapat dibersihkan secara menyeluruh. Dari tahapan pengerjaan facial yang berlaku umum, ada berbagai macam efek positif yang dihasilkan dari setiap tahapan pengerjaan pada facial. Efek pengelupasan atau scrubing untuk menghaluskan kulit. Efek penguapan untuk melancarkan saluran keringat. Efek vacuum dan ekstraksi untuk melancarkan saluran minyak, efek massage untuk melancarkan peredaran darah dan relaksasi otot wajah. Efek pemberian pelembab untuk melembabkan kulit.

Ditambahkan dr. Eddy Karta, SpKK dari Edmo Clinic Cikajang, Jakarta, treatment facial ditujukan untuk eksfoliasi dan memberi nutrisi kulit sekaligus membersihkan. Kulit yang lebih bersih dan segar bisa membuat gambaran lebih muda. Semua jenis kulit wajah dapat melakukan treatment facial, kecuali bagi mereka yang memiliki jerawat meradang.

Dalam kasus ini, sebaiknya jerawat terlebih dulu disembuhkan. Kemudian dilakukan pengobaban menggunakan krim acne dan obat minum yang didapat dengan melakukan konsultasi dari dokter. Setelah jerawat mereda baru bisa dilakukan facial untuk membersihkan komedo, bukan untuk pemencetan jerawat karena akan mengakibatkan bopeng.

Mengapa treatment facial bisa membuat awet muda? Terbuangnya lapisan kulit mati pada lapisan teratas membuat kuiit tampak muda sehingga kuiit bersih dan mengalami peremajaan. Namun, diuraikan dr. Tedjo Handoyo, sebelum melakukan facial atau perawatan lainnya untuk membuat kulit awet muda terlebih dulu yang dilakukan adalah memperbaiki hormon di dalam tubuh dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Pada dasarnya, yang membuat seseorang tampak lebih tua atau cepat tua adalah seringnya mengonsumsi kopi, minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Pengaruh stress berlebihan, sinar matahari dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dapat memicu kulit cepat keriput. Ditambahkan dr. Nadia Octavia dari The Clinic, untuk mendukung perawatan facial agar hasilnya dapat dipertahankan, diperlukan kebiasaan sehat seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya serat, menghindari paparan sinar matahari langsung, mengurangi alkohol, menghindari rokok dan menggunakan produk yang disesuaikan dengan jenis kulit.

Pada umumnya, banyaknya jenis facial yang ditawarkan memiliki tahapan yang tidak jauh berbeda. Tahapan facial terdiri atas beberapa tahap, diawali dengan penggunaan kapas wajah, dilanjutkan dengan analisa kulit apakah termasuk kulit berminyak, kombinasi, sensitif atau normal. Kondisi status kesehatan kulit saat itu tetap harus diperhatikan apakah terdapat jerawat, komedo hitam atau putih, tanda penuaan atau kerusakan kulit. Kemudian, dipilih produk dan perawatan yang sesuai. Umumnya, ditambahkan penguapan untuk proses relaksasi kulit dan mempermudah pengeluaran komedo. Yang membedakan, pada kulit sensitif tidak dilakukan penguapan. Penggunaan masker terdapat pada tahapan facial di mana masker yang digunakan biasanya bersifat eksfolian dan melembabkan sehingga memberikan gambaran kulit segar dan lembab.

Untuk kondisi normal, facial disarankan sebulan sekali sesuai dengan perputaran siklus kulit. Jika dalam kondisi tidak bermasalah, dapat dilakukan. setahun 3-4 kali. Pada kondisi tertentu, misalnya terlalu banyak komedo, bisa dilakukan dua minggu sekali. Setelah secara berkala melakukan treatment facial, tentu saja yang dinantikan adalah hasil maksimal. Efek positif facial umumnya langsung dapat terlihat. Sehari sesudah perawatan, biasanya wajah akan mengalami kemerahan. Efek kemerahan terjadi karena bengkak akibat penekanan kulit wajah saat ekstraksi komedo. Namun, akan hilang dalam 24 jam dan kulit wajah kembali seperti biasa. Efek positif pada facial akan menghilang jika tidak didukung dengan perawatan sehari-hari di rumah seperti mengoleskan krim pagi dan malam yang bergantung pada kebutuhan.

Umumnya, pada perawatan facial tidak akan menimbulkan efek samping pada wajah jika dikerjakan dengan orang yang tepat. Jika ingin melakukan facial sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter agar dapat ditentukan facial apa saja yang tepat atau disesuaikan dengan kulit wajah. Kemudian, pastikan beautician yang mengerjakan facial pada wajah merupakan beautician yang berpengalaman mengetahui cara melakukan facial agar tidak menimbulkan rasa nyeri dan iritasi. Berikut beberapa jenis treatment facial yang dapat membuat awet muda:

1. Facial Dasar. Merupakan facial yang dilakukan dengan tahapan umum. Biasanya facial jenis ini dimulai dengan pembersihan wajah, penguapan, ekstraksi komedo, penggunaan masker. Untuk mencapai hasil maksimal, didukung dengan penggunaan pelembab atau sunblock

2. Extra Hydrating Facial. Facial jenis ini diperuntukkan bagi kulit kering

3. Anti Aging Facial (kolagen facial). Facial kolagen dilakukan untuk mengatasi masalah kerutan di wajah dan mencegah penuaan dini. Facial ini diperuntukkan bagi mereka yang berusia di atas 25 tahun. Produk yang dipakai pada facial ini mengandung alpha atau beta-hydroxy acids dan vitamin C.

4. Oily and Acne Facial. Facial jenis ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat. Produk yang dipakai biasanya mengandung belerang, antibiotik atau zat-zat yang diperlukan untuk menormalkan produksi minyak berlebih di wajah.

5. Facial Aromatherapy. Pada pengerjaan facial jenis ini biasanya menggunakan minyak esensial atau aromatherapy disertai pemijatan pada wajah sehingga memberi efek relaksasi dan tenang.

6. Facial Oxygen. Facial oksigen dikerjakan dengan oksigen murni dan kompinasi serum botanical atau serum ekstrak tumbuhan yang terbuat dari grapefruit, enzim dan vitamin. Pada facial ini dilakukan penyemprotan oksigen murni pada wajah dengan menggunakan alat khusus. Manfaat facial oksigen untuk meningkatkan kadar oksigen pada kulit wajah serta membantu regenerasi kulit, menghilangkan toksin akibat polusi yang terjadi sehari-hari.

7. Whitening Facial. Penggunaan bahan yang digunakan pada facial ragam ini adalah AHA (alpha-hydroxy acids) sehingga kulit terlihat lebih cerah dan putih.

8. Facial Acupressure. Teknik memijat titik-titik kunci pada wajah merupakan bagian yang ditekankan pada facial acupressure. Manfaatnya dapat membantu meringankan tanda-tanda stress yang tampak pada wajah dan mengurangi ketegangan otot.

9. Nano Gold Facial. Facial ini tepat menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki jenis kulit normal, kering dan mengalami masalah kulit kusam. Selain itu, facial ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, menyegarkan mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Meskipun memberikan manfaat untuk kulit namun nano gold facial sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena akan membuat kulit kusam dan sensitif.


10. Facial Elektroterapi. Facial elektroterapi dipercaya mampu meningkatkan daya kerja atau efektivitas produk perawatan wajah. Facial ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus bervoltase rendah yang dialirkan melalui elektroda kecil seperti garpu. Fungsinya untuk mengionisasi kulit, memijat kulit sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Widi, Palupi, Rini (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment