Friday, May 2, 2014

Atasi Radang Pada Kulit Kepala

Konsultan : dr. Mirawati Setyorini, SpKK
Peradangan kulit kepala biasanya terjadi karena kulit kepala yang sensitif. Ini menyebabkan terjadinya exim pada kulit kepala dan menyebabkan peradangan. Peradangan kulit kepala ini membuat kulit kepala menjadi kemerahan atau bersisik seperti ketombe. Exim pada kulit kepala ada dua macam, yaitu exim berminyak dan exim kering. Exim yang berminyak mempunyai ciri seperti kulit kepala bersisik dan berwarna agak kuning, terlihat berminyak dan warna ketombe agak kekuningan. Sedangkan exim kering cirinya, sisik kulit kepala kering dan ketombe berwarna putih kering.

Tak hanya itu, peradangan kulit kepala juga dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit berat yang diderita atau penyakit kulit lainnya seperti kanker dan gatal pada kulit. Selain itu kulit kepala juga dapat terkena infeksi. lnfeksi yang sering timbul pada kulit kepala adalah   timbulnya jamur pada kulit kepala yang menyebabkan rambut menjadi mudah patah atau rontok. Apabila kulit kepala berjamur akan menyebabkan permukaan rambut menjadi beruntusan, seperti adanya biji-biji kecil pada helaian rambut. lnfeksi  kepala juga dapat menyebabkan timbulnya kutu.


Untuk mengatasi hal ini, pertama dilihat dari penyebab yang ditimbulkan. Jika disebabkan karena jamur maka diberikan obat jamur terlebih dahulu. Tetapi jika ada infeksi atau timbul kutu maka harus diberikan obat, supaya bisul-bisul kecil pada kulit kepala tidak muncul. Jika bisul kecil pada kepala muncul maka harus diberikan obat antibiotik yang dioles atau obat minum dan anti radang dengan resep dokter. Selanjutnya menjaga kebersihan kulit kepala dengan keramas rutin dua hari sekali dengan menggunakan produk yang aman bagi kulit kepala sehingga tidak menyebabkan iritasi dan gatal. Sebaiknya hindari pemakaian bahan-bahan kimia, seperti pemakaian cat rambut, pengeritingan atau rebonding yang dituntut penggunaan bahan kimia. Jika peradangan sudah parah, lebih baik konsultasikan kepada dokter khusus kulit, agar mendapatkan penanganan yang lebih maksimal Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment