Tuesday, May 6, 2014

Wajah Cerah Berkat Masker Ubi Ungu

Ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.   Mulai dari memperlancar aliran darah, mencegah kanker, penyakit kardiovaskuler, gangguan   pencernaan, jantung dan stroke, serta sebagai antibakteri. Tidak hanya itu, ubi ungu juga dapat dipakai sebagai pewarna makanan, camilan, pengganti karbohidrat, menghaluskan dan mencerahkan kulit, karena mengandung antibakteri, vitamin, betakaroten tinggi, serta mineral yang dapat melembabkan juga menutrisi kulit, sekaligus membuat kulit halus. Apa lagi manfaat lainnya? 

Ubi jalar merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Mulai dari melancarkan pencernaan, mencegah gangguan hati, menyerap polusi udara, dipakai dalam produk kecantikan seperti masker, lulur, sabun wajah, pelembab dan lotion untuk memutihkan kulit tubuh hingga wajah. Vitamin C, flavonoid dan saponin merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak karena radikal bebas, fenolik dalam ubi jalar cukup efektif menghambat pembentukan melanin sehingga pigmentasi akibat hormon dapat clicegah dan mineral yang memberikan kelembaban pada kulit.

Antioksidan yang tinggi dalam ubi jaiar dapat membantu mencerahkan kulit dan menjaganya dari radikal bebas. Semakin pekat warna ubi jalar maka semakin banyak kandungan antioksidannya. Ubi jalar mempunyai beragam warna, ada yang berwarna putih, kuning, ungu dan merah, tergantung dari jenisnya, jenis tanah, iklim dan mineralnya. Ubi jalar yang berwarna ungu menandakan kaya akan betakaroten. Nilai gizi ubi jalar bahkan lebih besar dari pada kentang dan memiliki indeks glikemik rendah serta memiliki kandungan serat tinggi Dalam 100 gr ubi ungu mengandung energi, protein, lemak, kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, mineral, zat besi, vitamin A, serta vitamin B1 Ubi ungu mengandung antioksidan komplit, yaitu betakaroten, vitamin C dan vitamin E. Bahkan dalam 100 gr ubi ungu mengandung 14 mg betakaroten, 28 mg vitamin C dan 6 IU vitamin E.

Menurut Anne Kania Dewi, herbalis kecantikan, konsumsi ubi ungu akan membantu kulit menjadi cerah, karena ubi ungu memiliki vitamin C clan betakaroten sebagai antioksidan yang memperbaiki sel-sel kulit mati dari dalam. Sementara kandungan zat besi dalam ubi ungu akan menambah hemoglobin, menambah oksigen dalam darah, sehingga membuat kulit tampak segar dan merona.

Selain itu ubi ungu juga bermanfaat sebagai antiaging, karena ubi ungu memiliki kandungan karatenoid tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta mampu melawan radikal bebas dan membuat kulit lebih sehat dan tidak mudah mengalami penuaan dini. Tingginya vitamin C dalam ubi ungu akan menghasilkan kolagen yang akan menjaga elastisitas kulit.

Masker Ubi Ungu. Manfaat ubi bisa Anda dapatkan dengan mengolahnya menjadi masker. Caranya, kupas kulit lalu cuci bersih ubi ungu, kemudian parut hingga halus. Setelah itu oleskan secara merata ke permukaan wajah. Diamkan hingga kering, selama 40 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Bukan hanya sebagai masker yang bisa mencerahkan wajah, ubi ungu juga bisa dijadikan lulur untuk tubuh. Caranya, ubi ungu diparut dan dicampur rata dengan madu serta susu, lalu ditambahkan sedikit tepung beras. Setelah merata oleskan langsung ke seluruh tubuh, diamkan kurang lebih  15 menit dan gosok secara perlahan agar kulit mati dapat terangkat. Kemudian bilas hingga bersih. Dengan pemakaian rutin seminggu dua kali akan rnembuat kulit lebih cepat terlihat cerah, sehat, kenyal, bercahaya sekaligus menghilangkan keriput. Pemakaian bahan ini akan lebih baik daripada menggunakan bahan kimia yang hanya mengelupaskan pigmen yang membuat kulit sensitif. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan karena berbahan alami.

Kulit Kusam. Dr. R.Aj. Putri Ambarani Paramasari, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan, masker ubi ungu memang bisa mencerahkan kulit karena mengandung antioksidan dan betakaroten yang membantu proses pencerahan lapisan kulit bagian atas. Selain itu masker ubi ungu juga membuat kulit lebih cerah, awet muda, menutrisi dari dalam, lembab, kenyal, lembut tetapi tidak untuk memutihkan. Hanya saja segala sesuatu yang alami harus diimbangi dengan perawatan dari luar.

Kulit kusam bisa disebabkan karena faktor genetik, pigmen, hormonal, perawatan serta pemakaian kosmetik yang salah, tidak membersihkan wajah secara teratur, kurangnya nutrisi, kulit mengalami alergi, kurangnya gizi seimbang dan protein, perokok, mengonsumsi  alkohol, begadang, stres dan tidak berolahraga, sehingga kulit menjadi kusam, kering serta kasar. Untuk mencegah timbulnya kulit kusam hindarilah faktor penyebab, rajin membersihkan wajah minimal dua kali sehari, memakai perawatan sesuai tipe kulit, makan makanan bergizi seimbang, memakai sunblock dengan SPF cukup, moisturizer yang mengandung antiaging juga AHA dan arbotin, mengoleskan krim malam, memakai scrub wajah, serum vitamin C atau ekstrak alami seperti bengkuang, lemon, ubi dan sari beras yang berfungsi untuk membantu mencerahkan wajah pada lapisan atas kulit.


Jika merasa kurang puas dan ingin mendapatkan hasil yang optimal bisa dengan memakai krim yang mengandung AHA, suplemen vitamin A, C dan E, masker wajah, chemical peeling, laser antiaging dan microdermabrasi yang bertujuan mengangkat sel kulit mati juga kulit yang mengalami penuaan sehingga tumbuhnya regenerasi kulit yang lebih sehat. Selain itu juga menerapkan pola hidup sehat, tidak begadang, stres, dan mengonsumsi sayuran-sayuran. Nailul Iffah (Info Kecantikan)  

1 komentar:

  1. ubi kuning juga bsa loh untuk kecantikan, karena ada vitamin E nya, kayak yang satu ini nih http://goo.gl/twhSPj

    ReplyDelete