Wednesday, December 17, 2014

Ketombe Hilang Dengan Mengkudu

Ketombe menjadi salah satu masalah yang merusak keindahan rambut. Betapa tidak, butiran halus berwarna putih terlihat menempel pada helai-helai rambut, dan kadang berguguran pada bahu. Belum lagi rasa gatal yang membuat seseorang yang mengalami masalah ketombe ingin terus menggaruknya. Hal tersebut tentu mengurangi penampilan dan kepercayaan diri. Bahan alami seperti mengkudu, ternyata dipercaya untuk menghilangkan ketombe. Benarkah?

Rambut sehat tentu rambut yang tidak memiliki masalah seperti ketombe. Namun ketombe akan timbul dengan tidak terduga. Selain dapat merusak rambut ketombe juga dapat menyebabkan gatal yang akan semakin memperparah timbulnya ketombe. Ketombe muncul karena kulit kepala tidak sehat dan tidak bersih Pada beberapa orang, masalah ketombe ini timbul terus-menerus.

Ketombe atau nama latinnya pytiriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sebenarnya sel-sel kulit mati yang terkelupas merupakan hal alami dan normal terjadi jika jumlahnya sedikit. Tetapi jika mengelupas secara terus-menerus dalam jumlah banyak serta diikuti dengan iritasi pada kulit kepala maka harus segera diatasi.

Ketombe merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur dan kutu rambut. Karena itu sebaiknya hindari menggaruk kulit kepala secara berlebihan ketika mengalami masalah ketombe. Pasalnya, jika menggaruk secara berlebihan ketika berketombe dapat merusak kulit kepala yang justru akan meningkatkan risiko infeksi pada kulit kepala.
Ketombe Hilang Dengan Mengkudu


Untuk mengatasi ketombe dibutuhkan perawatan rambut yang tepat agar masalahnya tidak semakin parah. Ketombe bisa dicegah dengan sampo antiketombe yang banyak di pasaran, namun tidak akan menghilangkan ketombe secara keseluruhan. Berbagai treatment menghilangkan ketombe banyak dilakukan di salon maupun klinik kecantikan. Sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah ketombe sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami mengkudu.

Menghilangkan Ketombe. Selain dapat membantu penyembuhan penyakit kanker dan digunakan untuk perawatan kulit, mengkudu juga bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala. Buah mengkudu sudah dikenal dapat menghilangkan ketombe. Menurut Yusuf Wijaya, herbalis, mengkudu memiliki nutrisi yang dibutuhkan rambut.

 Mengkudu mengandung Vitamin C dan berbagai antioksidan serta bersifat antibakteri. Oleh karena itu mengkudu dapat menghilangkan ketombe yang disebabkan adanya bakteri dan infeksi jamur. Sifat asam pada buah mengkudu akan menyeimbangkan pH pada kulit kepala. pH yang seimbang inilah yang dibutuhkan kulit kepala untuk dapat menjaga ketahanan kulit dari infeksi jamur dan bakteri. 

Langkah menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi ketombe sangatlah mudah. Pilih buah mengkudu yang sudah matang. Setelah itu buah mengkudu diblender hingga halus, lalu ambil airnya dan gunakan pada rambut. Pijatlah kepala secara perlahan-lahan, lalu diamkan selama 10-15 menit agar nutrisi dari buah mengkudu terserap sempurna. Barulah mencuci rambut hingga bersih.

Pemakaian buah mengkudu ini sebaiknya dilakukan sesaat sebelum melakukan keramas, agar aroma tidak sedap mengkudu hilang bersama dengan sampo. Cara ini bisa dilakukan secara rutin setiap akan melakukan keramas agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mengkudu merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat, oleh sebab itu pemakaian buah mengkudu untuk rambut tidak akan menimbulkan efek samping.

Namun jika memiliki kulit kepala sensitif sebaiknya mengkudu yang akan digunakan pada kulit kepala dicoba sedikit terlebih dahulu pada kulit. Selain itu, dalam penggunaannya sebaiknya secara perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit dioleskan pada rambut agar tidak perih. Lalu bersihkan buah mengkudu hingga benar-benar bersih dan tidak berbau.

Selain aman, perawatan rambut menggunakan buah mengkudu juga dapat menghemat pengeluaran, karena tidak harus membeli nutrisi untuk rambut yang harganya ratusan ribu rupiah. Perawatan rambut dengan menggunakan buah mengkudu merupakan cara alami yang pasti jauh lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan bahan campuran kimia yang dapat menimbulkan masalah baru untuk rambut. Perawatan ini sangat mudah dilakukan sendiri di rumah, terlebih bagi yang tidak memiliki waktu luang untuk berlama-lama di salon.

Mengatasi Kerontokan. Selain dapat menghilangkan ketombe, manfaat lain dari buah mengkudu untuk rambut adalah dapat mengatasi kerontokan. Mengkudu juga dapat mengurangi rambut beruban atau menghitamkan rambut. Untuk mengatasi kerontokan pada rambut, buah mengkudu dapat dicampurkan dengan bahan nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut.

Cara membuatnya buah mengkudu yang telah dihaluskan atau diblender dapat dicampurkan dengan kuning telur, lalu diaduk hingga rata sampai menjadi seperti masker. Sebelum menggunakan masker mengkudu, sebaiknya rambut dalam keadaan bersih dan dikeramas sebelumnya. Oleskan masker mengkudu secara merata pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih dan keramas kembali hingga bau dari mengkudu dan telur hilang.

Sementara untuk mengatasi rambut beruban atau menghitamkan rambut, Cara membuatnya buah mengkudu matang diblender hingga halus dan ambil airnya. Setelah itu basuhkan pada rambut dan diamkan beberapa menit agar terserap. Selanjutnya bilas rambut sampai bersih. Gunakan secara rutin atau bisa juga digunakan setiap hari. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga rambut putih atau uban berangsur menghitam. Biasanya dalam waktu 3 bulan biasanya rambut putih akan berubah menjadi hitam kembali.


Manfaat selanjutnya selain untuk kecantikan, buah mengkudu juga dapat menyembuhkan eksim atau gatal-gatal. Caranya, pilih buah mengkudu yang telah jatuh dari pohonnya. Lalu dipotong dan dioleskan langsung pada bagian eksim yang akan diobati. Setelah dioleskan mengkudu akan berubah menjadi berbusa, karena antibakteri bekerja. Diamkan beberapa saat. Ketika digunakan akan menyebabkan gatal, lalu setelah itu dibersihkan dengan air hingga bersih. Gunakan secara teratur hingga eksim dan gatal menghilang. Koes Anindya (Info Kecantikan)

3 komentar:

  1. meski bau nya yang menurut saya tidak enak ternyata buah mengkudu mempunyai berbagai macam khasiat .

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan,,informasinya,,saya baru tahu kalau buah mengkudu itu bnayak manfaat nya,,

    ReplyDelete