Monday, December 15, 2014

Mencegah Sakit Maag

Konsultasi Kesehatan: dr. Panji Privan, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam

Sebelum mengetahui cara agar terhindar dari maag, sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai definisi penyakit maag. Maag didefinisikan sebagai luka atau peradangan yang dapat menyerang lambung. dalam dunia Kesehatan lebih dikenal dengan istilah gastritis atau dyspepsia. Semua orang bisa saja terkena penyakit maag. Namun biasanya yang maag menyerang orang yang berusia antara 10 hingga 50 tahun.
Mencegah Sakit Maag


Gejala maag bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Orang yang memiliki gejala ringan biasanya merasa perih atau terbakar di ulu hati, cepat merasa kenyang hingga perut terasa penuh atau kembung. Sedangkan gejala maag yang berat bisa ditandai oleh muntah darah atau muntah hitam seperti kopi, dan buang air besarnya cair dan berwarna hitam seperti aspal.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah maag. Menjalani pola atau gaya hidup sehat adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit maag. Karena itu mulai ubah gaya hidup dengan mulai rutin untuk melakukan olahraga. 

Sebisa mungkin menghindari stres, pilih makanan yang sehat dan bergizi memperbanyak minum air putih dan makan makanan berserat. Selain itu hindari merokok, konsumsi alkohol dan kopi yang terlalu pekat. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah makan tiga kali sehari. Niken Wulandari. (Info Kecantikan)

1 komentar: