Wednesday, December 31, 2014

12 Cara Rambut Sehat Berkilau

Memiliki rambut sehat, indah dan berkilau menjadi dambaan khususnya para kaum hawa Namun, tidak semua wanita memilikinya. Padahal, rambut kerap dijadikan mahkota setiap wanita yang penting untuk menambah rasa percaya diri. Untuk itu butuh perawatan secara tepat dan benar agar mendapatkan rambut sehat berkilau. Berikut beberapa tips yang perlu dicoba agar rambut sehat berkilau. Seperti apa?

Rambut sehat berkilau memiliki tekstur yang lembut dan tidak terasa kasar dan kaku saat disentuh. Jika rambut disisir akan tetap terasa lentur serta mudah diatur, selain itu elastisitas rambut baik dan tidak mudah putus. Kemilau rambut pun merata pada seluruh bagian rambut. Berbeda ketika seorang memiliki permasalahan pada rambut. Selain mempengaruhi penampilan secara keseluruhan, rambut tidak sehat akan menimbulkan beberapa keluhan yang dialami seperti rambut akan terlihat kusam, rontok, kusut dan tidak berkilau secara alami. Bahkan menimbulkan ketombe yang menimbulkan rambut mudah patah dan rontok.

Penyebab semua permasalahan rambut rusak atau bad hair day berawal dari perlakukan ke rambut dan bagaimana cara merawat rambut itu sendiri. Perlakukan yang tidak sesuai atau perawatan yang tidak benar sering kali membuat rambut menjadi rusak. Alhasil tampilan rambut tidak sempurna.
12 Cara Rambut Sehat Berkilau

Misalnya saja perlakukan ketika mengikat rambut terlalu kencang dan dalam keadaan masih basah, maka rambut akan mudah patah. Begitu juga ketika keramas menggosok rambut terlalu kencang. Sedangkan untuk perawatan rambut terkadang salah memilih perawatan yang tepat. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan yang tepat agar rambut tetap sehat dan berkilau. Walaupun rambut bukan termasuk dalam kategori rambut rusak, tentu perawatan rambut harus tetap dilakukan agar terhindar dan kerusakan rambut lainnya seperti rontok, berketombe, kering, kusam, mudah patah dan bercabang.

Perawatan Rambut. Dalam merawat rambut tidak harus selalu serba mahal dan dilakukan dl salon-salon kecantikan. Anda bisa melakukan sendiri di rumah dengan produk yang sesuai dengan ciri dan tekstur rambut Anda. Jika memang diperlukan perawatan yang mengharuskan di salon dan tidak bisa dilakukan sendiri, Anda boleh melakukan di salon yang diinginkan.

Hal pertama dalam perawatan rambut adalah kenali karakter rambut seperti apa, baru menindaklanjuti dengan perawatan sesuai dengan kebutuhan. Memanjakan rambut dengan memberikan perhatian khusus dan pemilihan produk yang sesuai secara teratur merupakan solusi tepat mendapatkan rambut sehat berkilau. Baru kemudian dilakukan perawatan lainnya. Selain itu, kenali banyak penyebab yang menjadikan rambut menjadi rusak. Seperti kurang memperhatikan rambut dalam hal perawatan sehingga rambut menjadi kusam dan susah untuk diatur yang nantinya akan berakibat kurang percaya diri saat tampil sehari-hari.

Berikut tips merawat rambut agar tetap sehat berkilau menurut Michael Helmi, hair and .fashion stylist: 
  1. Kenali dulu jenis rambut Anda sendiri. Kemudian perhatikan apakah ada masalah pada rambut. Karena setiap keluhan, maka cara perawatan akan berbeda.
  2. Lakukan konsultasi pada penata rambut yang lebih memahami. Baru kemudian tentukan tindakan dan pemilihan produk yang tepat.
  3. Gunakan produk yang sesuai dengan permasalahan rambut. Misalnya pada rambut diwarnai pilihlah rangkaian produk khusus untuk rambut yang diwarnai.
  4. Lakukan tindakan perawatan atau treatment secara rutin seperti creambath, hair spa atau hair mask. Agar dapat diperoleh struktur rambut yang sehat kemilau setelah proses rutin perawatan tersebut.
  5. Hindari terlalu sering melakukan tindakan proses kimia yang terlalu dekat jarak waktu karena dapat merusak rambut.
  6. Hindari penggunaan alat pengering rambut yang terlalu panas karena dapat merusak rambut yang bisa mengakibatkan rambut rontok dan mudah patah.
  7. Berikan pelindung pada rambut seperti serum sebelum melakukan tindakan pengeringan rambut dengan alat-alat pengering, catok, dan curly.
  8. Lakukan proses perawatan intensif dua kali sebulan, harus rutin agar proses perbaikan pada struktur rambut lebih nyata terlihat.
  9. Hindari pemakaian alat pengering, pelurusan, pengeritingan pada rambut yang masih basah. Lebih baik 80% sudah kering agar proses blow dry atau catok lebih singkat waktu.
  10. Hindari pelurusan atau pengeritingan setelah rambut dicat, karena proses kimia yang berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan fatal pada rambut.
  11. Gunakan sampo dan kondisioner secara teratur saat keramas. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut agar tidak terjadi kerusakan pada rambut.
  12. Jika ingin melakukan perawatan tradisional, harus hati-hati seperti pemakaian air cuka, Karena pemakaian air cuka dapat mempengaruhi elastisitas rambut. Di jaman modern dengan kemajuan teknologi dan formula akan lebih terjamin karena sudah melalui tes laboratorium. Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya,rambut memang jadi salah satu kepercayaan diri perempuan.

    ReplyDelete