Thursday, January 1, 2015

Cara Tepat Atasi Biang Keringat

Biang keringat menimbulkan rasa gatal dengan ditandai bintik-bintik merah kecil yang timbul pada kulit. Rasa menyengat dan tusukan pada kulit kerap membuat kesal selalu ingin terus menggaruk, Hal ini tentu sangat mengganggu dan menyiksa mereka yang sedang mengalami biang keringat. Bahkan jika terus menggaruk bisa menyebabkan luka. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan terhindar dari biang keringat. Seperti apa?

Biang keringat atau dengan nama ilmiah miliaria merupakan kelainan kulit akibat tersumbatnya saluran kelenjar keringat. Hal tersebut mengakibatkan retensi keringat dengan gejala timbulnya vesikel-vesikel pada kulit Rasa gatal yang luar biasa ditandai dengan bintik merah yang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Mungkin bagi sebagian orang biang keringat dianggap sepele dan tidak membutuhkan pengobatan, dibiarkan dengan sendiri maka akan sembuh. Namun anggapan tersebut salah, masalahnya jika dibiarkan akan mengalami peradangan pada kulit yang semakin parah.

Cara Tepat Atasi Biang KeringatPenyebab. Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh sehingga menyebabkan biang keringat. Sebenarnya biang keringat sering dijumpai Dada bayi karena kelenjar keringat pada bayi belum berkembang sempurna. Akhirnya mudah pecah dan salurannya tersumbat. Alhasil biang keringat kerap muncul pada kulit bayi. Namun, pada orang dewasa tak jarang datang keluhan terhadap rasa gatal akibat biang keringat yang diderita.

Pada orang dewasa biang keringat akibat perubahan suhu iklim mulai dari kelembaban tinggi, suhu panas dan pindah dari iklim dingin ke iklim tropis. Aktivitas keringat yang berlebihan dapat memicu timbulnya biang keringat pada kulit. Kondisi ini disebabkan ketika kelenjar keringat tubuh menjadi terhalang. Keringat berlebihan dapat menyebabkan keringat menjadi terperangkap di bawah kulit. Karena keringat terperangkap menyebabkan iritasi kulit dan mengalami ruam panas yang mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa. Selain itu, pemakaian obat-obatan bethanecol juga penyebab utama timbul biang keringat.

Biang keringat dapat menimbulkan komplikasi jika dibiarkan dan frekuensi semakin sering dialami oleh penderitanya, maka biang keringat dapat mengakibatkan infeksi sekunder. Apabila miliaria terpapar dengan kuman staphypocoicus epidermis terjadi impetigo atau multiple diskretabses. Dan berhubungan dengan intoleransi terhadap suhu lingkungan yang panas terutama seseorang yang menderita miliaria rubra berulang kali tanpa penanganan yang benar dapat menjadi miliaria profunda sehingga suhu tubuh meningkat (demam), lemah, pusing dan menurunkan tekanan darah.

Cara Mengatasi. Menurut dr. Natalia Mawardi, Dipl Cibtac, dokter kecantikan, biang keringat terbagi menjadi tiga jenis. Cara mengatasi biang keringat berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Berikut penjelasannya:

1. Miliaria Kristalina. Biang keringat akibat sumbatan saluran kelenjar keringat di permukaan kulit atau distratum korneum pada lapisan kulit paling luar. Ditandai dengan gelembung kecil berisi cairan jernih dengan ukuran 1-2 mm (vesikel) dan mudah pecah dengan penekanan. Umumnya tidak memberi keluhan. Pengobatan tidak diperlukan cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, usahakan ventilasi yang baik, memakai busana dengan bahan menyerap keringat seperti bahan katun yang tipis. Kemudian mandi minimal 2 kali sehari dan tidak menggunakan air panas pada saat mandi.

2.Miliaria Profunda. Sumbatan terletak lebih dalam pada epidermis yang ditandai dengan papul merah dan sangat gatal serta perih. Di sekitar papul biasanya tidak terdapat keringat (anhidrosis). Miliaria jenis ini terdapat pada orang yang tidak biasa pada daerah tropis. Pengobatan yang dapat dilakukan dengan memberikan bedak salicyl 2% atau lotion calamine. Selain itu, diusahakan dapat mengatur regulasi suhu yang baik dengan penggunaan AC. Jika ada peradangan berikan krim kortikosteroid. Bila terjadi garukan atau luka dan infeksi sekunder dapat memberikan topikal ataupun antibiotik.

3.Miliaria Profunda. Jenis biang keringat ini ditandai dengan papul putih. Tidak merasa gatal biasanya timbul setelah miliarubra yang terjadi berulang kali. Pengobatan yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari panas atau kelembaban yang berlebih. Mengusahakan resolusi suhu yang baik dan pakaian yang tipis serta dan meresap keringat. Cara lainnya dapat memberikan lotion Calamin dengan atau tanpa mentol, dapat pula resorsin 3% dalam alkohol.

Lotion. Perlu diketahui, dalam penggunaan lotion calamine penggunaannya minimal 2 kali dalam sehari dan dalam keadaan kulit bersih setelah mandi. Dalam lotion calamine terdapat kandungan pertama, zinc oxide (ZN O), dan natural astringent. Kandungan tersebut mengurangi produksi sebum pada kulit, mengurangi iritasi kulit, mengurangi peradangan dan gatal di kulit serta membantu penyembuhan luka akibat garukan.

Kandungan lainnya adalah Fe2O3 (ferric oxide) yang dapat meningkatkan warna kulit. Oleh karena itu, lotion calamine cocok digunakan untuk penyembuhan biang keringat. Sedangkan untuk antibiotik topikal dapat dioleskan 2 kali sehari bila memang ada indikasi pemakaian antibiotik tersebut. Yang perlu diperhatikan, jangan salah menggunakan pada jenis biang keringat. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, jenis biang keringat apa yang sedang dialami.

Mencegah. Untuk menghindarkan biang keringat yang timbul ada beberapa tahapan yang dilakukan, di antaranya sebagai berikut.
  1. Menghindari udara panas, usahakan selalu berada lingkungan yang sejuk, yang terdapat siklus udara.
  2. Pakailah bahan yang menyerap keringat banyak sehingga tidak menyebabkan kelenjar minyak yang keluar tersumbat atau lembab pada kulit.
  3. Hindari pemakaian bahan busana yang tebal dan ketat pada aktivitas yang panas.
  4. Jika sudah mengalami rasa gatal atau tanda jenis biang keringat seperti apa, lakukanlah pemberian lotion calamine untuk mengurangi rasa panas dan gatal.
  5. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan kulit dan tubuh dengan mandi minimal sehari dua kali, pada pagi dan sore hari.
  6. Gunakanlah obat antibiotik topikal sesuai keluhan biang keringat agar dapat mempercepat penyembuhan. Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. terimaaksih informasinya gan,, sangat bermanfaat sekali gan...

    ReplyDelete