Saturday, January 3, 2015

Cara Atasi Kulit Belang

Warna kulit wajah yang rata merupakan suatu aset penting bagi setiap wanita. Wanita tentunya ingin memiliki kulit wajah yang mulus tanpa adanya bercak atau belang pada area sekitar wajah. Namun rutinitas yang mengharuskan seseorang untuk berada di luar ruangan dapat mengakibatkan kulit wajah yang rata menjadi belang akibat sinar matahari atau juga karena jamur yang timbul akibat kurang menjaga kebersihan wajah. Bagaimana mengatasinya?

Kulit wajah merupakan hal yang paling sering menjadi perhatian bagi para wanita. Tidak hanya masalah jerawat saja yang sering timbul, namun perubahan warna kulit menjadi belang atau bercak bisa terjadi kapan saja. Jika hal ini tidak cepat diatasi maka akan sulit untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Selain menjadi tidak percaya diri dengan hal ini, belang pada kulit wajah juga akan membuat wajah menjadi tidak enak untuk dipandang. Jika melakukan pekerjaan di luar ruangan maka potensi memiliki warna kulit yang tidak rata akan semakin besar.

Penyebab utama yang menyebabkan kulit menjadi belang adalah hiperpigmentasi yang diakibatkan oleh terpaan atau paparan sinar matahari. Hiperpigmentasi dapat terjadi pada saat kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga hal tersebut mengakibatkan peningkatan zat pigmen yang akan membuat warna kulit lebih terang atau lebih gelap.

Penyebab. Belang yang terjadi pada kulit, terutama yang terjadi pada bagian wajah dapat diakibatkan karena adanya pengaruh sinar ultraviolet dari sinar matahari. Sinar matahari jika langsung terkena pada kulit dapat menyebabkan warna kulit menjadi gelap. Hal ini dikarenakan tidak adanya perlindungan terhadap kulit itu sendiri. mencegah maupun menghindari terjadinya kulit belang pada bagian wajah dan paparan sinar matahari langsung tentu sangat diperlukan.
Cara Atasi Kulit Belang


Menurut dr. Shahnaz Nadia Yusharyahya Idris, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, belang yang terjadi pada kulit wajah disebabkan karena sinar matahari dan jamur atau panu yang biasanya akan memberikan bekas pada kulit. Namun yang paling banyak terjadi adalah belang yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Jika sudah seperti itu maka hal yang harus dilakukan adalah dengan memberikan perlindungan pada kulit.

Sedangkan penyebab paling umum dari hiperpigmentasi adalah jerawat yang sering timbul pada wajah. Saat timbul jerawat tak jarang tangan akan menyentuh atau bahkan akan memencet agar jerawat cepat hilang, namun jerawat yang hilang kemudian akan berubah menjadi radang kulit dan menjadikan kulit berubah warna. Perubahan akibat jerawat ini akan berubah menjadi agak kehitaman dan tidak mudah hilang dari kulit wajah.

Selain itu masalah lain yang ditemukan adalah adanya beberapa penyakit radang kulit. Pada setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, tergantung dari usia dan ras. Kondisi kulit ini yang menyebabkan terjadinya perbedaan kekuatan dan kesehatan kulit. Pada beberapa orang, kulitada yang lebih sensitif dan mudah terserang beberapa penyakit radang kulit yang berakibat pada hiperpigmentasi.

Namun tidak jarang kosmetik juga dapat membahayakan kulit. Banyak Kosmetik atau perawatan tertentu yang mengatakan bahwa produk kosmetik tersebut dapat menghilangkan hiperpigmentasi Akan tetapi hal ini tidak seluruhnya benar, karena ada beberapa jenis kosmetik dan beberapa jenis perawatan yang justru membuat gejala atau masalah pada kulit akan semakin parah. Contoh beberapa pengobatan atau treatment yang bisa mengakibatkan hiperpigmentasi antara lain chemical peeling, perawatan elektromagnetik dan ultrasound.

Cara Mengatasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit belang, antara lain

1. Memakai Sunscreen atau Sunblock
Kulit yang belang bisa diatasi dengan menggunakan sunscreen dengan SPF di atas 20. Pemakaian ini harus diulang setiap 2 hingga 3 jam sekali. Sebaiknya pemakaian sunscreen digunakan 30 menit sebelum keluar rumah untuk memberikan perlindungan yang efektif pada kulit.

Selain sunscreen, salah satu cara membuat kulit menjadi normal kembali dari efek yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan Sunblock. Sunblock terdiri dari beberapa tipe proteksi tergantung dari proteksi yang diinginkan. Sunblock dengan SPF 30 yang akan memproteksi kulit dari sinar UV selama 300 menit. Jika menggunakan sunblock dengan SPF 10 maka kulit akan terlindungi dari sinar UV Selama 100 menit.

Namun jika menggunakan tipe sunblock ini disarankan pemakaiannya berdasarkan kemungkinan lamanya seseorang akan terkena sinar matahari secara langsung. Jika berada di bawah sinar UV dengan waktu lama sebaiknya gunakan sunscreen yang dapat memproteksi kulit lebih baik dan lebih lama daripada sunblock. Biasanya sunscreen digunakan jika matahari sangat terik. Sunscreen ini memiliki fungsi yang lebih banyak dari sunblock yaitu mencegah terpaparnya kulit oleh sinar UVA dan UVB. Sementara sunblock fungsinya untuk memantulkan UVB yang berasal dari sinar matahari.

2. Memakai Pelembab
Selain menggunakan sunblock atau sunscreen, pemberian pelembab pada wajah juga sangat penting. Menggunakan pelembab pada wajah perlu dilakukan, terlebih bagi yang memiliki jenis kulit kering. Selain melindungi wajah dari paparan sinar matahari, pelembab juga dapat memberikan kelembaban pada wajah. Pelembab sangat perlu digunakan, terlebih bagi yang memiliki kondisi kulit yang tidak mampu memberikan kelembaban alami bagi kulit. Hal ini sangat penting untuk menghindari dan mencegah pengaruh buruk sinar UV dari paparan langsung sinar matahari.

3. Obat Jamur
Sementara untuk mengatasi kulit belang yang diakibatkan oleh jamur, sebaiknya menggunakan obat jamur. Setelah itu kulit berangsur-angsur akan kembali seperti semula. Akan tetapi jika Warna kulit masih belang bisa menggunakan skin health restoration yang merupakan obat untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Tetapi pemakaian skin health restoration sebaiknya digunakan di bawah anjuran dokter.

Waktu Lama. Mengembalikan kulit belang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini dilihat dari seberapa parah atau dalamnya melanin yang menyebabkan kulit belang, Jika belang masih baru maka kemungkinan warna kulit kembali rata tidak membutuhkan waktu terlalu lama, biasanya sekitar 1 sampai 3 bulan. Namun jika belang yang ditimbulkan sudah dalam dan cukup lama, maka waktu yang dibutuhkan bisa sampai sekitar 6 bulan.

Dengan pemakaian skin health restoration di bawah anjuran dokter biasanya dokter akan mengurangi atau menambah dosis, tergantung dari seberapa parah belang yang ditimbulkan. Selain itu jika menginginkan menggunakan treatment ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit, karena belang yang terjadi pada setiap kulit berbeda-beda.


Selain dengan proteksi menggunakan krim, proteksi secara alami yang dapat dilakukan sehari-hari adalah dengan minimalisasi berada di bawah terpaan sinar matahari. Membatasi aktivitas di luar ruangan agar kulit terhindar dari sengatan sinar matahari jahat terutama aktivitas yang berada di luar ruangan di atas pukul 09.00. Namun jika sangat terpaksa melakukan aktivitas tersebut, maka lindungi kulit dengan busana yang menutupi seluruh tubuh atau menggunakan payung, dengan begitu kulit tidak langsung terkena paparan sinar matahari. Koes Anindya (Info Kecantikan)

2 komentar: