Tuesday, December 30, 2014

Tips Sehat Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan cara sehat dan efektif bukan hanya sebatas impian. Setiap orang mempunyai kesempatan memiliki tubuh proporsional dengan berat badan ideal. Namun, semua itu tidak terjadi secara instan dan dibutuhkan kerja keras untuk mencapainya. Berat badan ideal sebaiknya dihasilkan lewat cara yang sehat dan tidak merugikan kesehatan tubuh. Hal yang perlu digarisbawahi, jangan memaksakan penurunan berat badan yang ekstrim demi tanpa memedulikan kesehatan tubuh.
Tips Sehat Turunkan Berat Badan


Diuraikan dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara bertahap. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang cukup dan diperlukan tubuh. Contohnya, ayam tanpa kulit, telur direbus, daging tanpa lemak, mengurangi gorengan dan banyak makan sayur-sayuran. Dalam rangka penurunan berat badan, sebaiknya membatasi konsumsi buah-buahan. Makan buah-buahan 3 porsi sehari. Buah-buahan sebaiknya dimakan langsung atau segar, dan tidak di jus. Jika buah di jus maka akan meningkatkan kandungan gula dan kalori di dalamnya.


Sayur-sayuran bisa dikonsumsi secara bebas dengan cara direbus. Gunakan karbohidrat kompleks misalnya beras merah, kentang rebus, oatmeal atau roti gandum. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Selain memperhatikan asupan makanan, air putih harus terkontrol dan dikonsumsi lebih dari cukup. Terakhir, kegiatan olahraga sangat panting untuk penurunan proses berat badan. Rutin berolahraga tidak harus selalu mendatangi tempat fitnes. Jalan kaki atau lari bila dilakukan secara rutin akan berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Lakukan kegiatan olahraga minimal seminggu tiga kali selama 15-30 menit. Widi (Info Kecantikan)

3 komentar: