Thursday, December 18, 2014

Konsumsi Mangga Jadikan Kulit Halus

Nikmatnya menggigit sepotong buah mangga tentu akan mendatangkan rasa yang tak terlupakan. Manisnya yang legit dan dagingnya yang empuk membuat Anda terkadang ketagihan. Dan pastinya tidak hanya menarik untuk dikonsumsi saja, buah mangga juga menyimpan khasiat luar biasa bagi kecantikan dan kelembutan kulit. Seperti apa?

Semua jenis buah-buahan yang ditemui di pasar tradisional memiliki berbagai rasa dan manfaat yang berbeda-beda. Meskipun terlihat sederhana dan bentuknya biasa saja, jangan anggap remeh buah-buahan tersebut. Setiap buah pasti memiliki kandungan vitamin dengan manfaatnya masing-masing.

Sekarang ini, buah mangga sering ditemui di berbagai tempat. Bukannya tak beralasan, di penghujung tahun biasanya pohon mangga berbuah cukup lebat atau dapat dikatakan sebagai puncak musimnya. Ketika musim mangga banyak orang yang memasukkan jenis buah ini ke dalam menu makannya sehari-hari. Selain warna buahnya yang segar, dagingnya yang empuk ditambah rasa yang lezat membuat mangga banyak digemari dan diolah menjadi berbagai jenis bahan makanan. Baik dalam keadaan buahnya matang atau mentah. 

Buah mangga memiliki cita rasa yang khas, ada dua rasa yang sering ditemui yaitu manis dan asam. Untuk buahnya, berwarna hijau tua dalam kondisi matang ataupun mentah. Tidak hanya rasanya yang lezat mangga memiliki berbagai manfaat yang bagi kesehatan khususnya kecantikan dan kelembutan kulit.
Konsumsi Mangga Jadikan Kulit Halus


Kandungan. Menurut Dr. Ruslianti, M.Si, ahli gizi, mangga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk kulit seperti potasium, magnesium, fosfor, vitamin C dan betakaroten. Karena kandungan vitamin C pada mangga cukup tinggi, maka dengan mengonsumsi buah mangga dapat membuat kulit lebih sehat dan halus. 

Mekanisme kerjanya adalah vitamin C membantu proses metabolisme protein dan penting dalam pembuatan kolagen yaitu zat yang mendasari kulit, urat daging, ligamen dan tulang rawan. Kolagen di sini bermanfaat atau digunakan untuk memperbaiki jaringan. Buah mangga juga membantu memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tubuh. Dengan demikian mangga tidak hanya membuat kulit menjadi cerah dan bersinar tetapi dapat membuat tulang kuat dan sehat.

Selain vitamin C, ada vitamin A yang bermanfaat untuk mempertahankan kecerahan kulit, mengatasi masalah jerawat, menghaluskan area siku yang terkadang lebih kasar dan berwarna gelap, mencegah pori-pori cepat terbuka dan mencegah kulit kusam. Karena kandungan vitamin A, maka mengonsumsi mangga secara teratur dapat membuat kulit menjadi merata dan bersinar.

Konsumsi Rutin. Bila ingin mendapatkan kulit lembut dengan cara alami, Anda dapat rutin mengonsumsi buah mangga. Sebaiknya buah mangga dikonsumsi dalam bentuk buah segar. Tujuannya agar kandungan gizi mudah diserap di dalam tubuh, gizi di dalam buah tersebut tetap utuh dan kandungan gula di dalamnya tidak meningkat.

Namun, bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi buah secara langsung, mangga dapat dikonsumsi dengan cara dijus, smoothies, sebagai campuran es buah atau diolah menjadi makanan tertentu di antaranya puding mangga atau selada mangga. Sebaiknya tidak menggunakan gula pasir di dalam pengolahannya. Tetapi, jika memang diharuskan gunakan gula secukupnya dan tidak terlalu berlebihan, karena mangga matang sudah memiliki rasa yang manis.

Untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam mengonsumsi buah mangga, Anda dapat mengonsumsi sehari dua kali masing-masing sebanyak 100 gr, Dianjurkan untuk mengonsumsi buah mangga dengan buah-buahan lainnya dan tetap mengonsumsi bahan makanan lain agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi. Buah mangga dapat dikombinasikan dengan strawberry dan jambu biji untuk memperoleh kandungan vitamin C yang lebih tinggi.


Jika Anda ingin mengonsumsi buah mangga, diharapkan tetap pada porsi yang sewajarnya. Mengonsumsi segala sesuatu tidak boleh berlebihan. Bila mengonsumsi mangga berlebihan tentu akan meningkatkan asupan serat yang tinggi dalam tubuh. Sementara konsumsi serat yang terlalu tinggi dapat menghambat penyerapan kalsium. Namun, untuk lebih tepatnya sebelum berupaya mendapatkan kulit sehat dan lembut dengan buah mangga, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit dan dokter atau ahli gizi terlebih dulu. Widi (Info Kecantikan)

3 komentar:

  1. saya suka sekali buah mangga,dan ternyata banyak sekali ya manfaat nya.

    ReplyDelete
  2. saya suka sekali sama mangga,, tidak bosen untuk mengkonsumsinya tiap hari,,dan ternyata mangga banyak sekali manfaat nya..

    ReplyDelete