Friday, December 26, 2014

Empat Prinsip Olahraga

Secara umum, olahraga dapat menjaga kesehatan yaitu tubuh menjadi bugar, serta mengobati penyakit dan membuat cantik, jika dilakukan secara teratur dan berolahraga sesuai takaran. Ada empat prinsip yang harus dilakukan ketika berolahraga agar tubuh bugar, yaitu:
Empat Prinsip Olahraga
  1. Peningkatan kapasitas jantung dan paru yaitu dengan olahraga endurance (ketahanan) seperti treadmill, lari atau jogging. Olahraga ini dapat meningkatkan kapasitas jantung dan paru menjadi lebih baik sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh berfungsi baik.
  2. Meningkatkan kekuatan otot. Meningkatnya kekuatan otot bukan berarti harus menjadi binaragawan, tetapi nantinya pada usia tua kekuatan ototnya masih bagus sehingga meski sudah tua saat naik dan turun tangga tidak perlu dibantu.
  3. Fleksibilitas atau kelenturan sehingga aktivitas sehari-hari menjadi lebih baik.
  4. Body composition yang lebih baik. Olahraga bisa menurunkan kadar lemak sehingga tidak terjadi obesitas. Di samping bugar, olahraga juga bisa membuat kulit kencang dan awet muda, sekaligus tubuh jadi kencang.
Berikut beberapa fakta seputar olahraga:
  1. Berolahraga rutin secara tidak langsung juga dapat membuat kulit kencang dan awet muda, karena dengan berolahraga seseorang terlihat segar dan otot-otot menjadi kencang, termasuk kulit.
  2. Hormon pertumbuhan (growth hormone) dipercaya akan terstimulasi saat berolahraga sehingga memengaruhi kulit menjadi lebih kencang.
  3. Olahraga membangkitkan hormon endortin sehingga membuat senang, bugar dan sehat, tampilan lebih ceria dan menarik, serta inner beauty akan terpancar.
  4. Olahraga dapat menambah stamina karena kardiovaskulernya ditingkatkan sehingga metabolisme tubuh meningkat, serta mengendalikan emosional dan membuat fisik menjadi indah.
  5. Olahraga seperti aerobik, lari dan jalan bersifat meningkatkan stamina sehingga dapat merangsang jantung dan paru-paru, maka kemampuan fisik naik dan saat berolahraga keluar energi panas. Agar suhu tubuh tidak panas maka panas dibuang melalui kulit dalam bentuk keringat, sehingga kelenjar keringat menjadi lebih aktif sehingga peredaran darah di bawah kulit menjadi bagus. Jika olahraga dilakukan rutin maka kulit lebih aktif dan fungsional karena suplai makanan untuk sel-sel kulit menjadi lebih baik dan kelenjar mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh melalui keringat, sehingga kulit menjadi awet muda dan kencang, serta sehat.
  6. Energi panas yang keluar selama berolahraga juga bagus untuk otot. Otot juga dirangsang oleh panas sehingga denyutan otot jauh berkembang lebih bagus dan kulit juga tumbuh lebih bagus, dengan peredaran darah yang juga lebih baik. (Info Kecantikan)

2 komentar: