Thursday, November 15, 2012

Kembalikan Stamina Setelah Sakit Demam Berdarah Dengan Jus Kurma


Kurma yang merupakan buah yang populer saat bulan puasa ternyata tak hanya manis di lidah, tetapi juga dapat menambah stamina penderita demam berdarah. Minum jus kurma 3-4 kali dalam sehari membuat tubuh cepat pulih meski habis sakit. Mengapa demikian? 

Buah kurma yang rasanya manis menjadi buah favorit terutama saat bulan puasa.
Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis seperti campuran sirop gula dan madu. Daging buahnya berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Kurma tumbuh dari tanaman palma (Arecaceae) dari genus Phoenix yang buahnya bisa dimakan. Tanaman yang diperkirakan berasal dari sekitar Teluk Persia ini berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 meter, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal.

Pohon kurma memiliki daun dengan panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda. Daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m. Kurma memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gula pada kurma matang sekitar 80 persen, sisanya terdiri dari protein, serat dan elemen seperti boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium,  mangan, selenium, seng dan asam folat. Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gr) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat. 

Jus Kurma. Dijelaskan oleh Soetresno M. RM., terapis, konsultan sekaligus Ketua ASPETRI Cabang Bekasi, setiap orang yang terkena demam berdarah itu memerlukan energi untuk mengembalikan staminanya. Karena itu dianjurkan mengonsumsi jus kurma 3-4 kali sehari untuk dapat memulihkan tenaga. Kandungan gula yang tinggi di dalam kurma diperlukan untuk memulihkan tenaga yang hilang. Selain itu, zat yang terkandung dalam kurma mudah dicerna menjadi energi dalam tubuh. 

Untuk penderita demam berdarah, kurma sebaiknya dihaluskan dengan alat juicer agar lebih mudah ditelan tanpa harus mengunyah. Sebelum ditelan sebaiknya berkumur terlebih dulu, jangan langsung ditelan agar enzim yang ada di dalam mulut keluar untuk mempercepat proses pencernaan. Cara mengolahnya, Segenggam kurma diblender dicampur sedikit air, lalu disaring dengan kain. Sesudah itu jus kurma bisa diminum setiap pagi, siang dan sore sebelum makan. 

Tidak ada efek samping yang membahayakan dengan minum jus kurma untuk mengembalikan stamina setelah sakit demam berdarah, karena bahannya alami, kualitas baik serta tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Kandungan kurma baik untuk kesehatan sehingga tidak bermasalah di dalam tubuh. Selain minum jus kurma, agar cepat sembuh dari demam berdarah sebaiknya memperbanyak minum air putih, makan makanan  yang sehat, banyak makan buah-buahan dan menghindari minuman bersoda. 

Demam Berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang dapat membuat nyawa seseorang tak tertolong, apalagi jika penanganannya terlambat. Demam berdarah (DB) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke dalam peredaran darah melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes yaitu Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Umumnya penyakit demam berdarah terjadi di daerah tropis dan subtropis, terutama saat musim hujan yang lembab. Organisasi Kesehatan Dunia (\/VHO) memperkirakan setiap tahunnya terdapat 50-100 juta kasus infeksi virus dengue di seluruh dunia. 

Dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro, SpA(K), dokter spesialis anak dan kepala tim investigasi penelitian dengue Departemen ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM, demam berdarah tidak akan bisa teratasi dengan baik selama ada nyamuk Aedes aegypti yang hidup di sekitar lingkungan tempat tinggal. Nyamuk Aedes aegypti ini menyukai genangan air, terutama air bersih di dalam rumah pada siang hari. 

Di dalam rumah nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di gantungan pakaian yang sudah dipakai seharian dan tidak dicuci, genangan air di bawah dispenser tempat minum burung yang tidak dibersihkan menyeluruh air yang menggenang dari tetesan AC dan sisi kamar mandi yang berlumut. Nyamuk Aedes aegypti ini menyukai tempat yang bersih dan mengandung keringat. Karena selain hinggap di tumpukan pakaian, nyamuk ini juga berkembang di pohon yang ada pelepah airnya seperti pohon pisang. Berbeda dengan nyamuk malaria yang menyukai tempat- tempat kotor seperti tempat sampah dan selokan. 

Penyebab utama penyakit demam berdarah adalah virus dengue yang merupakan virus dari famili Flaviviridae. Terdapat empat jenis virus dengue yang diketahui dapat menyebabkan penyakit demam berdarah, yaltu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Gejala demam berdarah baru muncul saat seseorang yang pernah terinfeksi oleh salah satu dari empat jenis virus dengue mengalami infeksi oleh jenis virus dengue yang berbeda. 

Sistem imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh setelah infeksi pertama justru akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah saat terinfeksi untuk kedua kalinya. Seseorang dapat terinfeksi oleh sedikitnya dua jenis virus dengue selama masa hidup, namun jenis virus yang sama. hanya dapat menginfeksi satu kali akibat adanya sistem imun tubuh yang terbentuk. 

Agar tidak terkena demam berdarah sebaiknya lakukan pencegahan. Cara yang efektif untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk dengan cara melakukan 3M (mengubur, menguras dan menutup) dan membersihkan semua tempat yang potensial berkembang biak nyamuk serta sarang nyamuk. Dan memang hal yang dapat dilakukan agar lingkungan sehat dari nyamuk demam berdarah adalah menjaga kebersihan lingkungan. 

Di samping itu, daya tahan tubuh atau imun harus tinggi karena DBD adalah virus sehingga dengan mencukupi kebutuhan gizi seimbang dapat melawan virus. Selain itu, menghindari penyebab dari virus dengue karena nyamuk aedes aegypti yang memiliki tipe-tipe yang berbeda-beda dan selalu menjaga lingkungan dengan cara membuat nyamuk jantan jadi mandul dengan laser, ikan pemakan jentik nyamuk dan sebagainya. (IK)  

0 komentar:

Post a Comment